Diundang Jokowi ke IKN, Megawati Pilih Pimpin Upacara HUT RI di Sekolah Partai PDIP

Megawati Pimpin Pelantikan di Sekolah Partai
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang sejumlah presiden dan wakil presiden sebelumnya untuk menghadiri upacara HUT RI ke-79 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Jokowi Minta Para Menteri Tuntaskan Pekerjaan Jelang Lengser 20 Oktober 

Namun, Presiden RI Ke-5, Megawati Soekarnoputri dijadwalkan akan memimpin upacara kemerdekaan di Sekolah Partai PDIP, di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Ibu Mega diagendakan untuk pimpin upacara 17-an di sekolah partai ya," ujar Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2024.

Tiga Arahan Lengkap Jokowi Saat Sidang Kabinet Terakhir di IKN

Djarot mengatakan Megawati diminta oleh kader-kader PDIP langsung untuk memimpin dan menjadi inspektur upacara di Sekolah Partai. "Itu permintaan dari bawah, supaya irupnya langsung Ibu Mega," tutur dia.

Sebagai informasi, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan upacara Kemerdekaan RI digelar di dua lokasi yaitu IKN Kalimantan Timur dan Jakarta. Jokowi menyebut Indonesia saat ini masuk ke tahap transisi dalam rangka pemindahan Ibu Kota Negara.

Jokowi Minta Menteri Dukung Program Prabowo: Jika Perlu Regulasi Baru, Segera Dibuat

"Ini kan masa transisi, dari Jakarta menuju IKN Nusantara, sehingga ada perjalanan menuju pindahnya harus kelihatan. Jadi di sini tetap dilakukan, di sana dilakukan," kata Jokowi di Posyandu Taman Sawo, Jakarta Selatan pada Selasa, 11 Juni 2024.

Jokowi menyampaikan upacara kemerdekaan akan digelar di satu lokasi saja, yaitu saat IKN sudah ada Keputusan Presiden atau Keppres pemindahan Ibu Kota sudah keluar tahun depan. 

"Tahun depan kalau sudah ada Keputusan Presiden mengenai perpindahan, baru nanti di IKN sana. Termasuk juga urusan mobilisasi transportasi akomodasi itu juga sudah," katanya.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, pihaknya mengundang Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk hadir dalam upacara peringatan HUT ke-79 RI di Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Jadi untuk mantan presiden rencananya kami undang untuk upacara di IKN bersama dengan Bapak Presiden," kata Pratikno dalam konferensi pers di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2024.

Meski demikian, Pratikno menyebutkan, pihaknya terbuka jika Megawati dan SBY berhalangan hadir ke IKN namun hanya bisa menghadiri upacara di Istana Merdeka, Jakarta.

"Tentu saja kalau ada hal-hal yang menyulitkan tentu saja kami terbuka kalau beliau-beliau.tidak hadir di IKN, tapi hadirnya di Jakarta," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya