PKB: Usulan Anies Cagub Jakarta Awalnya Mulus, Ternyata Cuaca Berubah

Waketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid alias Gis Jazil di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Rabu, 3 Juli 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid mengatakan partainya masih melihat dinamika politik terkait kans untuk mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Pramono Anung-Rano Karno Bakal Temui Ahok Lalu SBY Besok

Jazilul mengakui, usulan DPW PKB DKI Jakarta untuk mengusung Anies Baswedan awalnya berjalan mulus. Namun, cuacanya kata dia mengalami perubahan.

"Bukan menarik dukungan, artinya usulan dari DPW PKB DKI belum mulus. Awalnya kan mulus sekali, ternyata cuaca menunjukkan perubahan," kata Jazilul kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, dikutip Selasa, 13 Agustus 2024.

Ridwan Kamil soal Pengumuman Timses: Mudah-mudahan, Mungkin Paling Telat Besok

Eks Gubernur Jakarta, Anies Baswedan di Kantor DPW PKB Jakarta, Kamis, 13 Juni 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Meski demikian, Jazilul menyebut pihaknya masih berupaya membangun komitmen dengan partai lain, seperti Gerindra. Termasuk dalam menyampaikan usulan nama Anies yang datang dari DPW PKB Jakarta.

Partai Besutan Amien Rais Partai Ummat Dukung Pramono-Rano di Pilgub Jakarta

"Makanya kita berupaya juga kan menyampaikan ke Partai Gerindra, apa yang menjadi usulan DPW DKI. Kalau Partai Gerindranya oke, ya kami oke," tutur dia.

Untuk diketahui, Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) DKI Jakarta resmi mendukung Anies Baswedan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Dukungan tersebut disampaikan melalui surat rekomendasi yang dibacakan pimpinan PKB Jakarta.

"Maka pada hari ini, Rabu 12 Juni 2024, kami menyatakan dukungan kepada nama Anies Rasyid Baswedan, untuk calon sebagai gubernur Jakarta periode 2024-2029," kata Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas di kantor DPW PKB Jakarta, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu, 12 Juni 2024.

Hasbiallah mengatakan usai keputusan itu, PKB Jakarta meminta jajarannya untuk total memenangkan mantan calon presiden tersebut. Menurutnya, langkah politik dukung Anies penting untuk masa depan Jakarta.

Setelah itu, DPW akan memberikan rekomendasi pencalonan Anies itu kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB. Hasbiallah juga meminta Anies turun ke bawah untuk pencalonan di Jakarta.

Di sisi lain, ia juga meyakini PKB dari tingkat bawah sampai pengurus DPP akan solid untuk mendukung Anies sebagai cagub Jakarta.

"Insya Allah PKB dari ranting solid sampai DPP PKB," ujarnya.

Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas di Kantor DPW PKB, Jakarta Timur, Kamis, 13 Juni 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Lebih lanjut, dia menuturkan, pihaknya saat ini tinggal mencari figur bakal calon Wakil Gubernur atau Cawagub yang akan mendampingi Anies. Kata dia, sosok cawagub masih dalam penjaringan.

"Kalau mau mencalonkan jadi wakil, untuk gubernur sudah tertutup hanya untuk Bapak Anies Rasyid Baswedan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya