AHY: SBY Upacara HUT RI di Pacitan, Tidak ke IKN

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono bersamaPresiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat

Penajam Paser UtaraPresiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan tidak akan memenuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengikuti upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Sebab, SBY akan mengikuti upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Pacitan, Jawa Timur. 

AHY: Demokrat Bagian Tak Terpisahkan dari Perjuangan dan Kemenangan Prabowo

"Beliau sudah ada apa namanya, kegiatan yang direncanakan jauh-jauh hari juga. Upacaranya di Pacitan, di kampung halaman," ujar Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kalimantan Timur pada Senin, 12 Agustus 2024.

Presiden terpilih Prabowo Subianto berbincang bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

Photo :
  • ANTARA/Instagram/@agusyudhoyono
AHY Sidang Disertasi Doktor di Unair Diuji Eks Menteri SBY, Dapat Nilai A Plus

Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono

Photo :
  • Tangkapan layar youtube Kanwil BPN Jabar

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan upacara Kemerdekaan RI digelar di dua lokasi, yaitu IKN Kalimantan Timur dan Jakarta. Jokowi menyebut Indonesia saat ini masuk ke tahap transisi dalam rangka pemindahan Ibu Kota Negara.

AHY: Sidang Kabinet di IKN Bahas Transisi Kepemimpinan

"Ini kan masa transisi, dari Jakarta menuju IKN Nusantara, sehingga ada perjalanan menuju pindahnya harus kelihatan. Jadi di sini tetap dilakukan, di sana dilakukan," kata Jokowi di Posyandu Taman Sawo, Jakarta Selatan pada Selasa, 11 Juni 2024.

Jokowi menyampaikan upacara kemerdekaan akan digelar di satu lokasi saja, yaitu saat IKN sudah ada Keputusan Presiden atau Keppres pemindahan Ibu Kota keluar tahun depan. 

"Tahun depan kalau sudah ada Keputusan Presiden mengenai perpindahan, baru nanti di IKN sana. Termasuk juga urusan mobilisasi transportasi akomodasi itu juga sudah," katanya.

Sementara Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno mengatakan pihaknya mengundang Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk hadir dalam upacara peringatan HUT ke-79 RI, di Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Jadi untuk mantan presiden rencananya kami undang untuk upacara di IKN bersama dengan Bapak Presiden," kata Pratikno di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Meski demikian, Pratikno menyebutkan, pihaknya terbuka jika Megawati dan SBY berhalangan hadir ke IKN, namun hanya bisa menghadiri upacara di Istana Merdeka, Jakarta.

"Tentu saja kalau ada hal-hal yang menyulitkan, tentu saja kami terbuka kalau beliau-beliau tidak hadir di IKN, tapi hadirnya di Jakarta," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya