Jelang HUT ke-79 RI, Sekjen PAN Dorong IKN Jadi Kota Percontohan Energi Bersih

Sekjen PAN Eddy Soeparno
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta, VIVA –Menjelang HUT RI ke 79, Sekjen PAN Eddy Soeparno, memiliki harapan agar Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan menggantikan Jakarta dapat menjadi kota yang ramah lingkungan. Eddy berharap peringatan kemerdekaan nanti bisa menjadi momentum untuk mempercepat transisi menuju energi bersih. 

Sekretariat Presiden: Istana di IKN Siap Ditempati Jokowi hingga Akhir Jabatan

"Salah satu upaya mengisi kemerdekan adalah memberikan ruang hidup yang sehat bagi masyarakat dengan udara dan lingkungan yang bersih. Hal ini bisa dilakukan dengan percepatan transisi energi dari energi fosil menuju energi terbarukan," kata Eddy, dalam keterangan yang diterima, Minggu, 11 Agustus 2024.

Penampakan Proyek Pembangunan Kawasan IKN dari Balkon Istana Garuda.

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris
Defile Pembukaan PON 2024, Ada Kontingen Atlet IKN

Secara khusus Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini berharap dalam peringatan kemerdekaan nanti akan ada pesan simbolik tentang IKN yang akan menjadi kota yang ramah lingkungan. 

"Pembangunan PLTS di IKN diikuti dengan teknologi berbasis smart grid harus berdampak bukan hanya di wilayah IKN tapi menjadi percontohan penggunaan energi terbarukan bagi daerah-daerah lainnya sehingga target menuju Net Zero Emissions tahun 2060 mendatang bisa tercapai," ujar Eddy.

Jokowi Gelar Sidang Kabinet di IKN Jumat 13 September

Karena itu Eddy mendorong urban planning penggunaan energi terbarukan di IKN bisa menjadi pembelajaran bagi daerah lain untuk memanfaatkan energi terbarukan. 

"Kami mendorong IKN bisa menjadi percontohan Kota yang memanfaatkan energi terbarukan dan bisa dipelajari kota-kota lain baik dari sisi perencanaan maupun implementasi," kata Eddy.

Istana Presiden di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Photo :
  • ikn.go.id

Menurut Eddy, Semakin banyak kota-kota di Indonesia yang mengikuti pemanfaatan energi terbarukan, maka baurannya juga akan semakin besar.

"Semoga dengan komitmen IKN menjadi carbon neutral city menjadi tren yang baik dan bisa diikuti daerah-daerah lain sehingga skala penggunaan energi terbarukan semakin luas untuk memberikan ruang hidup yang sehat bagi masyarakat," tutup Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat III Kota Bogor dan Cianjur ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya