Airlangga Hartarto Langsung Terbang ke IKN Temui Jokowi Usai Mundur dari Ketum Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat konferensi pers usai rapat pleno bersama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan kader Partai Golkar di kantor pusat Partai Golkar, Jakarta, Minggu, 10 Maret 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Fath Putra Mulya

Jakarta, VIVA – Airlangga Hartarto menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Usai mundur, Airlangga dikabarkan langsung terbang ke Ibu Kota Nusantara atau IKN, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

IKN Airport Set for Completion by End of 2024, Minister Says

"(Airlangga Hartarto) Ke IKN," ucap Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia kepada wartawan di Komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan, Minggu, 11 Agustus 2024.

Doli menyebut, Airlangga ke IKN lantaran pada Minggu, 11 Agustus 2024 malam ini akan ada dinner bersama Presiden Jokowi. Kemudian, dilanjutkan dengan sidang kabinet paripurna pada Senin, 12 Agustus 2024.

Pramono Anung Sebut Sidang Kabinet Terakhir Bakal Digelar Jumat Ini di IKN

"Besok mau rapat kabinet, nanti malam kan ada dinner Pak Presiden Pak Jokowi mengundang semua anggota kabinet kalau enggak salah juga dengan para gubernur atau apa gitu. Jadi, persiapan untuk rapat kabinet besok di IKN," jelasnya.

Jokowi Kembali ke IKN Berkantor Beberapa Hari

Photo :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Istana Buka Suara Soal Dugaan Paspampres Pukul Warga Usai Foto Bersama Jokowi

Presiden Jokowi bersama rombongan menteri, sudah berangkat ke IKN melalui Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, pada Minggu siang pukul 14.00 WIB. Jokowi memang akan berkantor beberapa hari di IKN, juga menggelar rapat kabinet paripurna pertama kalinya di sana.

Airlangga Mundur dari Ketum Golkar 

[dok. Airlangga Hartarto]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Sebelumnya diberitakan, Airlangga Hartarto, menyatakan mundur dari posisinya sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Walau pada Pemilu 2024 ini, suara Golkar naik signifikan. Dalam video yang diterima, Airlangga menjelaskan bahwa dirinya mengundurkan diri untuk menjaga keutuhan Partai Golkar.

Dia menjelaskan, untuk menjaga transisi pemerintahan yang tidak lama lagi akan terjadi, maka dia memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai ketua umum. Secara resmi, Airlangga mundu pada Sabtu malam 10 Agustus 2024.

"Saya Airlangga Hartarto setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan bismillahirohmanirrohim serta atas petunjuk Tuhan yang maha besar maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebaga Ketua Umum DPP Partai Golkar," jelas Airlangga, Minggu 11 Agustus 2024.

"Pengunduran ini terhitung sejak semalam yaitu Sabtu 10 Agustus 2024,".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya