PDIP Haruskan Calon Kepala Daerah yang Diusungnya Memasukkan Isu Lingkungan di Visi-misi Mereka

Bendara PDIP (Ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA - PDI Perjuangan mengungkapkan, pasangan calon kepala daerah yang diusung partainya wajib memasukkan isu lingkungan ke dalam visi misi mereka. Hal ini sebagai bentuk komitmen PDIP untuk menjaga kelestarian lingkungan.

PDIP: UU KPK Lahir di Zaman Pemerintahan Ibu Megawati, Itu Fakta Sejarah

Hal ini disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup, M.Y Esti Wijayati, dalam acara perayaan Hari Konservasi Alam Nasional.

"Otomatis kita akan minta seluruh kelas daerah yang dicalonkan dari PDIP harus memiliki komitmen yang jelas terkait dengan lingkungan hidup dan pengelolaan sampah. Jadi ini otomatis," kata Esti di Jakarta, Sabtu, 10 Agustus 2024.

PDIP Dukung Rencana Prabowo Bentuk Kabinet Zaken yang Diisi Kader Parpol

Dia menegaskan, calon kepala daerah dari PDIP wajib peduli lingkungan sesuai Dasa Prasetya PDIP.  Karena dalam Dasa Presetiya partai tersebut, poin ketujuh menyebut untuk melestarikan lingkungan hidup dan sumber daya alam, serta menerapkan aturan tata ruang secara konsisten. 

"Apa yang saya sampaikan tadi ada di Dasa Prasetya partai. Juga ada di program perjuangan partai hasil Kongres PDIP," jelasnya. 

PDIP Ungkap 3 Alasan Utama Konsisten Usulkan Heru Budi Jadi Pj Gubernur Jakarta

Esti pun menjamin, program pelestarian lingkungan akan masuk dalam visi misi cakada yang diusung PDIP. Dia menegaskan parta pimpinan Megawati Soekarnoputri itu berkomitmen dalam penanganan sampah dan pengelolaan lingkungan. 

"Jadi ini otomatis. Dan masuk di dalam visi misi calon kepala daerah dari PDIP. Saya kira ini komitmen besar dari PDIP salah satunya adalah soal pengelolaan sampah," katanya.

Ilustrasi pilkada serentak 2024

Membongkar Visi Misi 3 Pasangan Cagub-Cawagub Jakarta

Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru saja merilis dokumen visi dan misi dari tiga bakal pasangan calon (paslon) yang akan berlaga dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2024