Anies soal Laporan Pengganjalan di Pilgub Jakarta: I Feel You Pak Hasto

Anies Baswedan di acara pernikahan putri Habib Rizieq
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta, VIVA - Anies Baswedan merespons pernyataan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto soal pengganjalan dirinya di Pilgub Jakarta 2024. Ia mengaku merasakan apa yang disebut oleh Hasto.

Muncul Gerakan Anak Abah Coblos 3 Paslon, JK Minta Warga Tak Emosi

"Ya saya dengar komentarnya pak Sekjen PDIP, I feel You Pak Hasto," ujar Anies kepada wartawan di Jakarta Barat, Jumat, 9 Agustus 2024.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Milad PKB (Doc: Natania)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong
Anies Baswedan soal Gerakan 'Anak Abah' Tusuk 3 Paslon di Pilgub Jakarta: Hak Konstitusi

Kendati demikian, Anies tak menjawab dengan tegas terkait pengganjalan tersebut. Ia hanya meminta publik untuk menunggu dinamika politik ke depan. 

Ia mengaku menjalin komunikasi dengan seluruh parpol jelang Pilkada 2024, termasuk PDIP. Anies juga menghormati proses yang kini tengah berjalan di tiap-tiap parpol menjelang Pilkada Jakarta ini.

Cari Suara di Pilgub Jakarta, Pramono Komunikasi dengan Pendukung Anies Baswedan

"Saya ajak semua untuk menghormati dan memantau, sehingga nanti jika ada sikap resmi itulah rujukan kita," kata dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengaku mendapatkan laporan terkait upaya pengganjalan Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024. Menurutnya, hal tersebut tidak mencerminkan sistem demokrasi yang sehat.

“Kalau kami menerima laporan, memang ada upaya-upaya untuk mengganjal pencalonan Anies Baswedan, dan siapa pun yang oleh proses seharusnya demokratis tetapi ketika ada upaya-upaya untuk mengganjal calon-calon tertentu, itu kehidupan demokrasi kita tidak sehat," ujar Hasto di Jakarta Pusat pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Hasto menegaskan bahwa PDIP bakal terus mengawal proses kontestasi Pilkada 2024, agar berjalan dengan lancar tanpa adanya bentuk penghadangan kepada partai atau kader manapun.

"Karena setiap anak bangsa oleh konstitusi, itu memiliki hak konstitusional untuk dicalonkan. Itu yang kami harapkan sehingga kehidupan demokrasi harus kita perjuangkan bersama-sama. Di Jakarta itu harus menampilkan suatu kontestasi yang menarik, kontestasi yang berkeadaban, yang kaya dengan ide-ide besar untuk membangun Jakarta dan Indonesia," kata dia.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di Galeri Nasional

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Kendati begitu, Hasto menyebut PKS belum tentu meninggalkan Anies di Pilkada Jakarta pada 2024. Ia mengaku hal itu hanya sebatas isu dan belum tentu terjadi.

"Ya ini kan baru sinyalemen, faktanya kan belum terjadi. Sehingga, kami terus mencermati hal tersebut dan terus berdialog agar di Jakarta tersajikan kontestasi yang mencerdaskan kehidupan bangsa," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya