4 Partai Besar Merapat, Duet Maesyal-Intan Punya Dukungan dari Koalisi yang Kuat dan Solid

Nasdem dukung Pasangan calon Moch. Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Jelang Pilkada Kabupaten Tangerang 2024, dukungan untuk pasangan calon Moch. Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah kian menguat. Setidaknya empat partai politik kini sudah menyatakan siap mengusung duet Maesyal-Intan.

Ridwan Kamil Sambangi DPW PKS Jakarta: Kita Berikan Pengenalan

Setelah Partai Gerindra, dukungan ke Maesyal-Intan juga datang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Nasdem. Kombinasi dukungan dari empat partai besar itu dinilai jadi modal kuat untuk memenangkan Pemilihan Bupati (Pilbup) Tangerang 2024. Apalagi, ada isu dukungan bakal tambahan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Golkar. 

Pengamat yang juga Direktur Riset dan Pemenangan PatraData, Hasmin Aries Pratama, menganalisa dukungan yang menguat ini menunjukkan adanya konsolidasi kekuatan politik yang makin signifikan di poros Maesyal-Intan.

Suswono Klaim Siap Lanjutkan Program Anies di Jakarta: Karena PKS Ikut Waktu Menyusun

"Dukungan dari Gerindra, PKS, dan yang terbaru dari PAN, menunjukkan adanya konsolidasi kekuatan politik yang kuat di belakang pasangan ini. Saya yakin partai-partai lain akan mengikuti langkah PAN," kata Hasman, Jumat, 9 Agustus 2024.

Bakal calon Bupati Tangerang Moch. Maesyal Rasyid

Photo :
  • Istimewa
Suswono ke PKS Jakarta Minta Hidupkan Mesin Partai Menangkan Pilgub Jakarta

Hasmin melanjutkan, fenomena itu sebagai bentuk konformitas politik. Kondisi itu dinilai lantaran partai-partai mulai melihat Maesyal-Intan sebagai pasangan calon yang paling berpotensi menang. 

"Kondisi ini menunjukkan bahwa Maesyal-Intan berhasil membangun koalisi yang solid. Yang tentunya akan memberikan keuntungan dalam hal logistik, strategi kampanye, serta daya tawar politik," jelas Hasman.

Dia bilang dengan dukungan yang makin kokoh dari berbagai partai, duet Maesyal-Intan makin pede dalam persaingan menuju Pilbup Tangerang. Menurut dia, dukungan tersebut diperkirakan akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Dalam dinamikanya, Partai Gerindra sudah merekomendasikan Maesyal-Intan sebagai bakal calon bupati-wakil bupati Tangerang di Pilkada 2024. Dukungan dengan surat rekomendasi diumumkan Gerindra pada 1 Juli 2024. Lalu, beberapa pekan kemudian, dukungan juga diberikan PKS.

Kemudian, dukungan bertambah pada 6 Agustus dengan PAN yang gantian menerbitkan rekomendasi untuk Maesyal-Intan. Dalam pertimbangannya, pasangan Maesyal-Intan sebagai pasangan yang potensial dan tepat sehingga diyakini bisa membuat Kabupaten Tangerang lebih baik.

Pun, dalam dinamikanya, Partai Nasdem juga menyusul dengan deklarasikan dukungan kepada Maesyal-Intan. DPP Nasdem sudah menyertakan surat rekomendasi dukungan dari DPP Nasdem

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya