Relawan Bolone Mase Beberkan Sinyal Gibran Restui Gusti Bhre Maju Cawalkot Solo

Gusti Bhre saat hadiri deklarasi dukungan dari relawan Bolone Mase di Solo, Kamis, 8 Agustus 2024, malam.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo, VIVA – Relawan pendukung Gibran Rakabuming Raka dlam Pilpres 2024, Bolone Mase mendeklarasikan dukungan kepada Pengageng Praja Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X atau Gusti Bhre untuk menjadi bakal calon Wali Kota Solo. Dukungan tersebut diberikan lantaran sosoknya dianggap cocok untuk meneruskan kepemimpinan Gibran di Kota Solo.

Relawan Jokowi AAJ Bersikukuh Menangkan Ahmad Luthfi - Taj Yasin

Deklarasi dukungan kepada Gusti Bhre untuk menjadi bakal calon wali kota itu dilaksanakan di Saudagar Laweyan, Solo, Kamis, 8 Agustus 2024, malam. Acara tersebut dihadiri puluhan relawan koordinator relawan Bolone Mase mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga Kota Solo. Bahkan deklarasi itu juga dihadiri langsung Koordinator Nasional Bolone Mase, Kuat Hermawan.

Kehadiran Gusti Bhre dalam acara konsolidasi Bolone Mase Kota Solo itu disambut meriah para relawan yang hadir. Selanjutnya Pengageg Praja Mangkunegaran itu pun dipersilakan berdampingan dengan Kuat Herwaman dan Ketua Bolone Mase Kota Solo, Wahyudi di barisan kursi depan yang menghadap ke para relawan.

Lawan Cawalkot yang Diendorse Gibran di Pilkada Solo Tambah Dukungan 4 Parpol

Gibran temani Gusti Bhre blusukan di Kampung Harmono, kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jumat, 26 Juli 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Setelah sambutan, rangkaian acara dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi dukungan kepada Gusti Bhre untuk bersedia maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo pada Pilkada 2024. Pembacaan deklarasi dukungan itu dilakukan oleh Ketua Bolone Mse yang diikuti puluhan koordinator relawan tersebut yang hadir dalam acara konsolidasi.

Dasco Sebut Situs Gerindra.org Ingin Adu Domba Prabowo dan Gibran

“Kami Bolone Mase Kota Surakarta (Solo) dengan ini, kami memohon agar Kanjeng Pangeran Adipati Mangkunegara X biar menjadi calon Wali Kota Surakarta periode 2024-2029. Dan untuk itu, kami menyatakan siap mendukung, memilih dan memenangkan Kanjeng Pangeran Adipati Mangkunegara X sebagai Wali Kota Surakarta periode 2024-2029,” kata Wahyudi yang membacakan deklarasi itu.

Sementara itu Koordinator Nasional Bolone Mase, Kuat Hermawan mengatakan, relawan Bolone Mase di Solo memang mengusulkan Gusti Bhre untuk menjadi calon wali kota pada Pilkada Solo untuk menggantikan wali kota sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka. Ia pun menyebutkan dukungan kepada Gusti Bhre untuk menjadi calon Wali Kota Solo karena berdasarkan sejumlah alasan.

“Satu alasannya, soal muda. Yang kedua, alasannya adalah melanjutkan program-program Mas Gibran sekaligus menyempurnakan. Beberapa kali saya dan teman-teman diskusi dengan Gusti Bhre memang salah satu titip pesannya teman-teman soal kebudayaan. Dan itu sosoknya ada di Gusti Bhre hari ini,” kata dia, Kamis, 8 Agustus 2024 malam.

Selain itu orang kepercayaan Gibran ini mengungkapkan bahwa Pura Mangkunegaran menjadi salah satu penyokong Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan catatan sejarah ini, Kuat mengatakan bahwa saat ini sudah selayaknya para relawan Bolone Mase maupun masyarakat Solo untuk balas jasa kepada Mangkunegaran.

“Sejarah panjang peradaban Indonesia itu salah satunya penyumbangnya dari Mangkunegaran. Sudah selayaknya lah teman Bolone Mase  dan warga Solo untuk balas jasa terhadap kebaikan, salah satunya Mangkunegaran untuk mengorbankan untuk membangun republik ini. Semangat itu saya lihat terpancar dari Gusti Bhre,” ucapnya. 

Menurut dia, usulan dukungan kepada Gusti Bhre itu berasal dari masukan sebanyak perwakilan relawan Bolone Mase yang tersebar di 54 kelurahan di Kota Solo. Selain itu, beberapa waktu lalu Gusti Bhre dan Gibran melakukan blusukan dengan relawan Bolone Mase. Blusukan bareng itu secara kultural dianggap sebagai simbol dukungan wapres terpilih kepada Gusti Bhre.

“Blusukan bareng Mas Gibran, Gusti Bhre dan teman-teman Bolone Mase secara kultural itu simbol dan hari  ini secara formal organisasi bahwa Bolone Mase mendukung Gusti Bhre,” ujarnya.

Dia pun kembali menegaskan bahwa dukungan kepada Gusti Bhre untuk maju sebagai calon wali kota telah mendapat restu dari Gibran. Pasalnya, berdasarkan aspirasi dari relawan Bolone Mase di seluruh Indonesia itu meminta bahwa syarat calon pemimpin itu salah satunya harus anak muda. Untuk Solo, Gusti Bhre merupakan anak muda.

Saat ditanya apakah hal itu berarti lampu hijau dari Gibran? "Udah pasti lah. Simbolisasi blusukan kemarin itu sudah pasti lah ke situ (dukungan Gibran ke Gusti Bhre),” ucap dia.

Sedangkan Gusti Bhre ketika dimintai tanggapannya terkait deklarasi dukungan yang disampaikan relawan Bolone Mase meminta kepada para pendukungnya untuk bersabar menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkan kesiapannya maju sebagai calon AD 1.

“Kemarin saya bilang dua minggu, kita lihat ya. Ditunggu, sebentar lagi ya. Yang pasti tidak ada lagi yang sia-sia (dukungan). Ini kan proses jadi nanti pada waktunya,” ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya