Diundang Jokowi Hadir Upacara 17 Agustus di IKN, Megawati Bilang Begini

Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri merespons terkait undangan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri perayaan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Kuliah Umum di Rusia, Megawati: Potensi Konflik Harus Segera Dimitigasi

Megawati diundang dalam kapasitasnya sebagai Presiden ke-5 RI oleh Istana Kepresidenan. Saat ditegaskan soal kehadirannya, Megawati tak memberi jawaban pasti. 

"Tanya sama yang punya," ujar Megawati di Galeria Nasional, Jakarta Pusat pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Megawati Ajak Ilmuwan Rusia Teliti Gunung Api Bawah Laut di Indonesia

Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memaparkan Megawati masih menimbang-nimbang untuk hadir atau tidak di IKN pada 17 Agustus 2024. Namun, ia memastikan undangan dari Istana tersebut sudah diterima oleh Megawati. 

Di Rusia, Megawati Bicara Pancasila Solusi Atasi Geopolitik dan Global Warming

"Undangan sudah diterima, kemudian ditimbang-timbang. Karena 17 Agustus ini kan merupakan suatu peristiwa yang maha penting, yang mengandung nilai-nilai patriotisme yang begitu besar, hasrat untuk mewujudkan kemerdekaan yang sejati-jatinya," kata Hasto. 

Hasto menyebut kehadiran Megawati akan bersifat situasional. Sebab, Megawati yang merupakan Kepala BPIP tengah fokus mempersiapkan Paskibraka yang akan mengibarkan Bendera Merah Putih di Istana Garuda IKN. 

"Ibu Mega saat ini concern terhadap persiapan untuk Paskibraka yang akan dikirim ke IKN, dan semua telah dipersiapkan dengan detail. Sehingga, tentang kehadiran Ibu Mega dengan undangan tersebut tentu suatu kehormatan, sebagai Presiden Kelima. Tetapi, nanti itu akan disampaikan pada waktu yang tepat," kata Hasto. 

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno tak dapat memastikan Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri akan bertemu saat Upacara HUT RI di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024. 

“Saya belum tau jadwalnya (pertemuan Jokowi-Megawati). Kan dalam bulan Agustus ini juga ada banyak event ya,” ujar Pratikno di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Meski begitu, ia memastikan Megawati akan diundang oleh pihak Istana untuk memperingati hari kemerdekaan di IKN. Selain Megawati, Istana juga turut mengundang mantan presiden dan mantan wakil presiden lainnya. 

“Tanggal 17 ada upacara detik-detik proklamasi, di mana nanti presiden akan hadir menjadi inspektur upacara di IKN, mantan presiden akan diundang untuk hadir di upacara detik-detik proklamasi di IKN,” jelas Pratikno.

Pihak Istana Negara akan mengirim undangan untuk Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini Kamis, 8 Agustus 2024. Adapun, keduanya diundang untuk menghadiri upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Rencana hari ini untuk para mantan presiden dan wapres akan segera dikirim undangannya," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, M Yusuf Permana, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Setelah mengirim undangan, Yusuf mengatakan juga bakal mengkonfirmasi kehadiran para mantan Presiden dan Wakil Presiden RI guna memperlancar acara upacara kemerdekaan di IKN.

"Kami juga akan meminta atau memohon konfirmasi kehadiran beliau, sehingga kami dapat mengatur rencana penampilan beliau dengan sebaik-baiknya," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya