Gus Ipul Ungkap Harapan Dipanggilnya Gus Choi oleh Pansus PKB Bentukan PBNU

Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul
Sumber :
  • Antara

Jakarta, VIVA – Panitia Khusus atau Pansus PKB bentukan PBNU berencana akan memanggil Effendy Choirie alias Gus Choi pada Rabu, 7 Agustus 2024. Sekjen PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul berharap bisa mendapatkan informasi dari Gus Choi.

Siap Ajak Banser Ngopi Diskusi, Gus Salam: Kami Tak akan Berhenti Berjuang Demi Kebaikan NU

Gus Choi diundang Pansus PBNU untuk menjelaskan secara detail sejarah Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, yang akhirnya bisa menjadi Ketua Umum PKB.

"Ya mudah-mudahan kita bisa dapat informasi yang katakanlah menjadi referensi bagi pengambilan keputusan, oleh PBNU," ujar Gus Ipul di Jakarta Pusat pada Selasa 6 Agustus 2024.

PKB Serahkan Penuh ke Prabowo Soal Komposisi Kabinet

Effendy Choirie

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Gus Ipul menjelaskan, bahwa Pansus PBNU nantinya juga akan mengundang sejumlah pihak yang mengetahui sejarah PKB sebelum dijabat oleh Cak Imin. 

PKB Tak Diajak Bahas Kabinet Prabowo, Gerindra: Itu Hak Prerogatif Presiden

"Tim udah dibentuk, kemudian tim ini membentuk panel. Panel-panel ini yang menemui narasumber-narasumber, ada narasumber yang diundang memang, tapi ada narasumber yang datang," kata dia.

Ia menegaskan, ada juga sejumlah pihak yang diundang pada Jumat, 9 Agustus 2024 mendatang. "Ada beberapa yang datang untuk memberikan informasi maupun keterangan, kalau enggak salah hari Jumat nanti, ada itu udah dicatat semua oleh tim," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Panitia Khusus atau Pansus PKB bentukan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan mengundang Effendy Choirie alias Gus Choi. Gus Choi yang juga eks Politikus PKB ini akan diminta datang ke PBNU untuk menjelaskan detail sejarah Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akhirnya bisa jadi Ketua Umum PKB.

Gus Choi yang kini aktif di Partai Nasdem, dinilai tahu secara rinci dinamika yang terjadi saat Cak Imin menguasai PKB mengalahkan kubu KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur).

“Undangan hari ini sudah kami kirimkan ke beliau (Effendy Choirie). Semoga beliau berkenan hadir sehingga bisa memberikan tambahan data kepada kami,” kata Wakil Sekjen PBNU, Faisal Saimima dalam keterangannya pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Faisal mengatakan undangan kepada Gus Choi itu ditandatangani oleh anggota tim asistensi bentukan PBNU, yang juga sekaligus Wakil Ketua Umum PBNU KH. Amin Said Husni dan Faisal Saimima sebagai Wakil Sekjen.

Dalam undangan bernomor surat 2105/PB.03/B.I.01.08/99/08/2024 itu, Gus Choi diharapkan bisa datang ke Ruang Rapat Lantai 5 Gedung PBNU pada Rabu besok, 7 Agustus 2024 pukul 12.30 WIB.

Adapun, saat ini setidaknya sudah ada dua tokoh yang diundang PBNU terkait Pansus PKB yakni  mantan Sekretaris Jenderal PKB Muhammad Lukman Edy, serta Sekretaris Jenderal PKB saat ini Hasanuddin Wahid.

Dalih Pansus PKB dibentuk untuk membenarkan sejarah dan juga mengembalikan PKB ke PBNU sebagai pemilik partai.

Sejumlah petinggi PKB di bawah pimpinan Cak Imin selaku Ketua Umum DPP, dianggap banyak membuat pernyataan yang keliru dari fatsun awal berdirinya PKB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya