PBNU Buka Peluang Panggil Khofifah Guna Dalami Hubungannya Dengan PKB

Bakal cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) membuka peluang memanggil Ketua Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa guna mendalami hubungannya dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Khofifah menjadi salah satu pihak yang bakal dimintai keterangan PBNU pada Jumat, 8 Agustus 2024.

Khofifah Dinilai Banyak Berikan Kemajuan Bagi Jatim, Termasuk Pengembangan Ponpes

"Ada kemungkinan (panggil Khofifah), ada kemungkinan semuanya itu sedang dipertimbangkan oleh tim yang sudah dibentuk, ada kemungkinan," ujar Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul di Jakarta pada Selasa, 6 Agustus 2024.

SekJen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di acara shalawatan di Surabaya.

Photo :
  • istimewa/Nur Faishal
Siap Ajak Banser Ngopi Diskusi, Gus Salam: Kami Tak akan Berhenti Berjuang Demi Kebaikan NU

Gus Ipul menjelaskan tidak mempermasalahkan terhadap sejumlah pihak yang tidak memenuhi undangan Pansus PBNU. Misalnya, Sekjen PKB Hasannudin Wahid.

"Ya enggak apa-apa, kita menghormati aja kalau enggak mau hadir. Kan pengennya supaya bisa mendengarkan dari semua sisi. Kalau tidak hadir, ya tidak apa-apa, kita hormati aja," kata Gus Ipul.

PKB Serahkan Penuh ke Prabowo Soal Komposisi Kabinet

PBNU Undang Gus Choi

Panitia Khusus atau Pansus PKB berencana akan memanggil Effendy Choirie alias Gus Choi pada Rabu, 7 Agustus 2024. Sekjen PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul berharap bisa mendapatkan informasi dari Gus Choi.

Gus Choi diundang Pansus PBNU untuk menjelaskan secara detail sejarah Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, yang akhirnya bisa menjadi Ketua Umum PKB.

"Ya mudah-mudahan kita bisa dapat informasi yang katakanlah menjadi referensi bagi pengambilan keputusan, oleh PBNU ya," ujar Gus Ipul di Jakarta Pusat pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Gus Ipul menjelaskan bahwa Pansus PBNU nantinya juga akan mengundang sejumlah pihak yang mengetahui sejarah PKB sebelum dijabat oleh Cak Imin. 

"Tim udah dibentuk kemudian tim ini membentuk panel. Panel-panel ini yang menemui narasumber-narasumber, ada narasumber yang diundang memang, tapi ada narasumber yang datang," kata dia.

Ia menegaskan, ada juga sejumlah pihak yang diundang pada Jumat, 9 Agustus 2024 mendatang. "Ada beberapa yang datang untuk memberikan informasi maupun keterangan kalau enggak salah hari Jumat nanti, ada itu udah dicatat semua oleh tim," bebernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya