Pansus PBNU Bakal Undang Gus Choi, Kulik Sejarah Cak Imin Bisa jadi Ketum PKB

Muhaimin Iskandar dalam Acara Harlah ke-26 PKB
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Panitia Khusus atau Pansus PKB bentukan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)  akan mengundang Effendy Choirie alias Gus Choi. Gus Choi yang juga Eks politikus PKB ini akan diminta datang ke PBNU untuk menjelaskan detail sejarah Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akhirnya bisa jadi Ketua Umum PKB.

Siap Ajak Banser Ngopi Diskusi, Gus Salam: Kami Tak akan Berhenti Berjuang Demi Kebaikan NU

Gus Choi yang kini aktif di Partai Nasdem dinilai tahu secara rinci dinamika yang terjadi saat Cak Imin menguasai PKB mengalahkan kubu KH Abdurahman Wahid (Gus Dur).

“Undangan hari ini sudah kami kirimkan ke beliau (Effendy Choirie). Semoga beliau berkenan hadir sehingga bisa memberikan tambahan data kepada kami,” kata Wakil Sekjen PBNU, Faisal Saimima dalam keterangannya, Selasa, 6 Agustus 2024.

PKB Serahkan Penuh ke Prabowo Soal Komposisi Kabinet

Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Faisal mengatakan undangan kepada Gus Choi itu ditandatangani oleh anggota tim asistensi bentukan PBNU yang juga sekaligus Wakil Ketua Umum PBNU KH Amin Said Husni dan Faisal Saimima sebagai Wakil Sekjen.

Cak Imin Ngaku Gak Diundang KIM Bahas Kabinet Prabowo: PKB Sama Sekali Tak Dilibatkan

Dalam undangan bernomor surat 2105/PB.03/B.I.01.08/99/08/2024 itu, Gus Choi diharapkan bisa datang ke Ruang Rapat Lantai 5 Gedung PBNU pada Rabu besok, 7 Agustus 2024 pukul 12.30 WIB.

Adapun saat ini setidaknya sudah ada dua tokoh yang diundang PBNU terkait Pansus PKB yakni  mantan Sekretaris Jenderal PKB Muhammad Lukman Edy serta Sekretaris Jenderal PKB saat ini Hasanuddin Wahid.

Dalih Pansus PKB dibentuk untuk membenarkan sejarah dan juga mengembalikan PKB ke PBNU sebagai pemilik partai.

Sejumlah petinggi PKB di bawah pimpinan Cak Imin selaku Ketum DPP dianggap banyak membuat pernyataan yang keliru dari fatsun awal berdirinya PKB. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya