Ada Wacana KIM Plus di Pilgub Jakarta, Ini Respons Anies

Anies Baswedan di CFD Bundaran HI, Jakarta Pusat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta, VIVA – Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara soal rencana Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta pada Pilkada serentak tahun 2024. Ia membiarkan terkait dengan rencana tersebut.

RK Ingin Bertemu Anies: Tak Melulu untuk Minta Dukungan

Anies mengungkapkan bahwa dirinya hanya ingin fokus menyerap aspirasi dari masyarakat menjelang Pilkada serentak 2024 itu. Bahkan, dia juga hanya ingin menyerap aspirasi yang diterima para partai koalisi yang ingin mengusungnya di Pilgub Jakarta.

"Pokoknya buat saya sih mengalir aja. Toh, ini tentang warga Jakarta, aspirasi warga Jakarta. Cek aja sama DPW-DPW (dewan pimpinan wilayah) semua partai, apa aspirasinya. Itu mencerminkan aspirasi mereka," ujar Anies Baswedan kepada wartawan di Jakarta, Minggu, 4 Agustus 2024.

Hal Ini Buat Milenial dan Gen Z Poso Pilih Anwar-Reny di Pilgub Sulteng

Anies Baswedan Sambangi Markas DPW PKB DKI Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Anies mengatakan bahwa dirinya memang ingin menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik, termasuk dengan parpol dari koalisi pendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 lalu.

Khofifah Dinilai Banyak Berikan Kemajuan Bagi Jatim, Termasuk Pengembangan Ponpes

"Saya pasti bercerita sesudah programnya siap jalan. Walaupun terjadi komunikasi dengan semua, termasuk dengan teman-teman Gerindra, tapi nanti pada waktunya. baru kita ngobrol kalau udah tepat," kata Anies.

Anies menjelaskan bahwa dirinya tak mau berspekulasi terkait dengan kontestasi Gubernur DKI Jakarta 2024. Ia juga tak ambil pusing soal sosok yang nantinya bakal didukung oleh KIM Plus.

"Kan itu tentang masa depan, ya. Yang kita bisa bicara kan masa lalu dan masa kini. Masa depan nanti kita lihat," ungkapnya.

Diketahui, Partai Gerindra memiliki rencana membangun KIM plus untuk menyambut Pilkada serentak 2024 besok.

Bahkan, sejumlah nama juga sudah ada yang didukung oleh KIM plus. Misalnya, pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Jawa Tengah (Jateng).

Tapi, sampai sekarang KIM plus belum juga dibentuk. Belum diketahui juga partai politik mana saja yang bakal gabung dalam KIM plus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya