Kaesang Sebut Permintaan Maaf Jokowi Sikap Manusiawi Apalagi Menjelang Lengser

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta Selatan, Jumat, 2 Agustus 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Fath Putra Mulya

Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep mengatakan bahwa permintaan maaf Presiden Joko Widodo yang disampaikan pada acara Dzikir dan Doa Kebangsaan, Kamis malam, 1 Agustus 2024, merupakan hal yang manusiawi.

Pemprov Aceh Diingatkan Jokowi Soal Venue: Jangan Seperti PON-PON Sebelumnya

"Saya rasa itu hal yang manusiawi untuk mengucapkan permintaan maaf kepada masyarakat Indonesia, apalagi beliau habis ini pensiun (baca: lengser dari jabatan presiden)," kata Kaesang ditemui wartawan usai kegiatan partainya di Jakarta Selatan, Jumat.

Putra bungsu Presiden Jokowi itu juga menyebut bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini.

Jokowi Resmikan 4 Ruas Jalan Tol di Aceh, Telan Biaya Rp 13,5 Triliun

Presiden Jokowi

Photo :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

"Saya rasa itu kan sebagai seorang presiden pasti juga tidak sempurna. Tidak ada makhluk hidup di dunia ini yang sempurna, pasti ada yang melakukan kesalahan," kata Kaesang.

PSI Harap Jabatan Heru Budi Jadi Pj Gubernur Diperpanjang, Begini Alasannya

Presiden Jokowi memohon maaf atas segala salah dan khilaf dalam menjalankan amanah sebagai Presiden RI. Hal itu dia ungkapkan saat acara Dzikir dan Doa Kebangsaan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis malam.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi juga mengatasnamakan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk memohon maaf di hadapan ribuan undangan pada acara pembuka yang memulai rangkaian kegiatan Bulan Kemerdekaan menjelang HUT ke-79 RI tersebut.

"Bapak Wakil Presiden, bapak ibu sekalian, saudara-saudara sebangsa dan se-Tanah Air, dalam kesempatan yang baik ini, pada hari pertama bulan Kemerdekaan, bulan Agustus, dengan segenap kesungguhan dan kerendahan hati, izinkanlah saya dan Profesor Kiai Haji Ma'ruf Amin ingin memohon maaf yang sedalam-dalamnya atas segala salah dan khilaf selama ini, khususnya selama kami berdua menjalankan amanah sebagai Presiden Republik Indonesia dan sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia," kata Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Presiden menyadari bahwa sebagai manusia, dirinya dan Wapres Ma'ruf Amin tidak mungkin dapat menyenangkan semua pihak.

Kepala Negara dan Wapres mengungkapkan bahwa keduanya tidak mungkin dapat memenuhi harapan semua pihak.

"Saya tidak sempurna, saya manusia biasa, kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT. Hanya milik Allah, kerajaan langit dan bumi serta apa pun yang ada di dalamnya. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu," kata Presiden Jokowi.

Presiden pun mengajak kepada seluruh hadirin undangan untuk berdoa bersama, memohon pertolongan Allah SWT agar diberikan kemudahan untuk meraih cita-cita bangsa yang maju, bangsa yang baldatun, thayyibatun, wa rabbun ghofur. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya