PKS Pede Usung Kader Sendiri di Pilkada Medan, Berpeluang Koalisi dengan PDIP

Bacalon Walikota Medan, Hidayatullah.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)
Medan, VIVA – DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberikan dukungan berupa surat tugas kepada kadernya Hidayatullah untuk bersaing di Pilkada Kota Medan 2024. Hidayatullah ditugaskan PKS untuk mencari calon Wakil Wali Kota.

Ketua Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah DPW PKS Sumut, Amsal Nasution menjelaskan Hidayatullah diberi kebebasan untuk mencari figur pendampingnya.

"Kalau untuk (Pilkada) Medan, kader kita Ustaz Hidayatullah. Ustaz Hidayatullah seperti diberikan tugas, untuk melengkapi kursi dan mencari wakilnya," kata Amsal saat dikonfirmasi VIVA, Kamis, 1 Agustus 2024.

Amsal menjelaskan hasil Pileg 2024 di Kota Medan dengan pencapaian PKS berhasil meraih 8 kursi. Dengan demikian, diperlukan tambahan 2 kursi untuk mengajukan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan sebesar 20 persen dari jumlah 50 kursi di DPRD Kota Medan.

"Dan pasangannya, atau kursi tambahannya, masih dalam proses," tutur Amsal.

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Lantas, ditanya figur yang cocok jadi pendamping Hidayatullah di Pilkada Medan, Amsal bilang masih dalam penjajakan.

Pun, saat disinggung peluang PKS berkoalisi dengan PDIP, Amsal menjawab peluang itu terbuka. Selain PDIP, peluang koalisi itu juga terbuka dengan partai politik lainnya.

Amsal menegaskan saat ini PKS ikhtiar memperjuangkan Hidayatullah bisa maju dan didaftarkan jadi Calon Wali Kota 2024.

"Peluang-peluang (koalisi dengan PDIP) itu ada. Tapi, sampai dengan saat ini kita masih perjuangkan Ustaz Hidayatullah menjadi Medan satu," jelas Amsal.

PKS Sebut Pembentukan Struktur Timses RK-Suswono Sudah 98 Persen