Temui Presiden Rusia Vladimir Putin, Prabowo: Terima Kasih Menerima Kedatangan Saya

Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.
Sumber :
  • Biro Humas Setjen Kemhan

Moskow, VIVA – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Rabu, 31 Juli 2024. Ada beberapa hal yang disampaikan Presiden RI terpilih itu ke Putin.

Temui Parlemen Uzbekistan, Ibas Dorong Penguatan Kerja Sama: Kita Siap Kolaborasi

Prabowo di awal pertemuan mengucapkan terima kasih kepada Putin atas pertemuan tersebut. Ia pun menyampaikan salam terbaik dari Presiden RI Joko Widodo. 

"Yang Mulia, terima kasih banyak telah menerima kedatangan saya," kata Prabowo saat disambut Putin.

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Prabowo menyoroti beberapa isu seperti hubungan persahabatan jangka panjang dan dukungan historis yang diberikan Rusia, sebelumnya Uni Soviet kepada RI. Ia bilang dukungan Rusia seperti infrastruktur dan bantuan militer. 

Dia menuturkan RI siap berkomitmen untuk perkuat hubungan bilateral dengan Rusia. 

Ridwan Kamil ungkap Program Titipan Prabowo untuk Jakarta

Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Photo :
  • Biro Humas Setjen Kemhan

Prabowo mengatakan pembahasan utama kerja sama RI dan Rusia di antaranya meliputi ketahanan pangan dan energi. Selain itu, dibahas juga bidang pendidikan, dan terkait rencana beasiswa bagi pelajar RI untuk belajar ke Rusia. 

Kemudian, upaya peningkatan kolaborasi dalam pemanfaatan energi nuklir dan pengembangan pariwisata. 

"Penekanan utama saya, selain ketahanan pangan, ketahanan energi, juga untuk pendidikan," lanjut Ketua Umum Partai Gerindra itu. 

"Dan, saya berencana untuk memulai program beasiswa besar-besaran untuk mengirim siswa kami ke luar Indonesia, terutama untuk pelatihan medis," ujar Prabowo. 

Dia menaruh keinginan jika bisa, RI mau mengirim banyak anak muda untuk kuliah di universitas Rusia.

"Jadi, kami ingin, jika memungkinkan, mengirim para pemuda dan pemudi kami untuk belajar di universitas dan sekolah tinggi teknik di Rusia," tutur eks Danjen Kopassus itu. 

Selain itu, Prabowo berujar ingin melanjutkan dan perluas kerja sama antara kedua negara. Upaya itu salah satunya dengan rencana mengundang delegasi Rusia datang ke RI untuk hadir di forum konferensi dan pameran pertahanan.

"Saya ingin mengundang delegasi Rusia ke konferensi pertahanan dan pameran pertahanan kami pada November 2024," jelas Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo juga sudah bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan di Ankara, Selasa, 30 Juli 2024. Dalam pertemuan itu, Prabowo bicara soal penguatan kerja sama di antaranya sektor pertahanan RI dengan Turki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya