Akan Ada KIM Plus di Pilkada Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah

Sufmi Dasco Ahmad, Penutupan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Perindo
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA - Untuk memenangkan pilkada di Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat, Koalisi Indonesia Maju membentuk KIM Plus. Dimana koalisi KIM yang ada di Pilpres 2024 ditambah partai lain.

Beredar Surat Dukungan untuk Paslon Bupati Garut Libatkan Kepala Desa

Itu dikatakan Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. Koalisi KIM Plus ini akan terjadi pada pilkada di sejumlah daerah pada 2024 ini.

"Ada Koalisi Indonesia Maju Plus nanti," ujar Dasco kepada wartawan di iNews Tower, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Juli 2024.

Survei LSI: RK-Suswono Unggul dari Pramono-Rano dan Dharma-Kun di Pilgub Jakarta

Pasangan bakal capres dan cawapres Prabowo dan Gibran bersama para ketua partai politik anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Photo :
  • ANTARA

Dasco menyebut KIM Plus nantinya ada di Pilkada Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Di sisi lain, Dasco belum mengungkap partai politik mana saja yang akan masuk dalam bagian KIM Plus tersebut.

Ridwan Kamil Klaim Banyak Pihak Ingin Bergabung Timsesnya

"Plus ada partai lain dong yang ikut kan begitu. Akan membicarakan mengenai pilkada tadi. Ada Jawa Tengah, ada DKI kan begitu," ujar politisi yang juga Wakil Ketua DPR RI itu.

Lebih lanjut Dasco mengatakan, pembahasan mengenai KIM Plus menunggu Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto, kembali ke Indonesia. Prabowo yang saat ini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan, tengah melakukan kunjungan ke luar negeri.

"Ini nunggu Pak Prabowo pulang. Akan ada pertemuan dari partai-partai koalisi. Koalisi Plus, Koalisi Indonesia Maju Plus," tutur Dasco.

Partai-partai yang tergabung dalam KIM pada Pilpres 2024 adalah yang mendukung dan mengusung pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Yakni Gerindra, Golkar, PAN, Partai Demokrat, PSI, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang, Partai Garuda.

Sementara yang mengusung pasangan lain, di luar KIM, yakni PKB, Nasdem, PKS. Lalu ada PDIP, Perindo, Hanura, dan PPP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya