Soroti Survei LSI yang Menangkan Bobby Nasution, Edy Rahmayadi: Bikin Aja Tinggi-tinggi Dia

Bacagub Sumut, Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA – Bakal calon Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi tak ambil pusing terkait hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI). Temuan versi LSI, rival Edy yaitu Bobby Nasution berada di urutan teratas.

Survei LSI: RK-Suswono Unggul dari Pramono-Rano dan Dharma-Kun di Pilgub Jakarta

"Dia (LSI), yang survei kek gitu, tanya lah sama LSI. Siapa yang di survei," kata Edy di Kota Medan, Selasa, 30 Juli 2024.

Edy menyindir dengan tak masalah survei LSI yang mengangkat  dan menempatkan Bobby di urutan teratas mengungguli dirinya. "Tak apa-apa, bikin aja tinggi-tinggi dia," tutur eks Gubernur Sumatera Utara itu.

Survei: Pemilih Segmen Lintas Agama Solid Pilih Amsakar-Li Claudia di Pilwalkot Batam 2024

Pun, dia mengaku pede mengahadapi Pilgub Sumut 2024. Edy pun optimis akan resmi didukung dengan diberikan form rekomendasi B1-KWK dari PDI Perjuangan (PDIP). "Harus pede lah, tak ada cerita tak pede. Doanya banyak kali untuk kita," kata Edy.

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA
Survei: Kamala Harris Unggul 47 Persen dari Donald Trump

Adapun dari hasil temuan LSI, Wali Kota Medan Bobby Nasution menempati urutan tertinggi top of mind sebagai bakal cagub Sumut 2024. Lalu, posisi kedua, ada Edy Rahmayadi.

Masyarakat yang terpilih sebagai responden banyak memilih nama Bobby. Dalam simulasi, responden diminta menyebut figur cagub pilihan yang mereka dukung tanpa memberi pilihan-pilihan nama. 

"Pada simulasi top of mind, M. Bobby Afif Nasution paling banyak disebut 34,2 persen," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, Minggu, 28 Juli 2024.

Untuk di urutan kedua, ada incumbent yakni Edy Rahmayadi dengan elektabilitas 15,1 persen. Edy disebut menjadi pesaing utama Bobby di Pilgub Sumatera Utara 2024. 

Ada beberapa nama lagi yang masuk top of mind, tapi prosentasenya sangat jauh dari Bobby dan Edy. Sebut saja Musa Rajekshah atau Ijeck 4 persen dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan 3,3 persen.

Survei terbaru LSI itu dilakukan dalam kurun waktu 7 sampai 17 Juli 2024. Populasi survei adalah seluruh warga Indonesia di Provinsi Sumatera Utara.

Populasi itu yang sudah memiliki hak pilih dalam pemilu atau sudah berumur 17 tahun atau lebih. Sampel survei yang dilibatkan sebanyak 800 responden dengan menggunakan metode bertingkat (multistage). Lalu, angka toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,5 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya