PKB Tuding Capaiannya pada Pemilu 2024 Tak Diakui NU tapi Malah Diganggu

Waketum PKB Jazilul Fawaid dan sejumlah elite DPP PKB.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta, VIVA - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyatakan pada prinsipnya partainya selalu menghormati Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU), termasuk menjalankan perintah untuk menjaga jarak sebagaimana pernah ditegaskan sang Ketua Umum NU Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya).

Analisis Pakar tentang Langkah Cak Imin Tunjuk Anak Muda Jadi Ketua Harian PKB

Jazilul mengungkapkan itu sebagai repons atas ketegangan yang tengah terjadi antara PB NU dengan PKB belakangan ini. 

Ketegangan tersebut menyusul wacana PB NU yang ingin kembali merebut PKB melalui pembentukan tim lima atau panitia khusus (Pansus). Wacana tersebut muncul atas bergulirnya Pansus Angket Haji 2024.

Gus Mus soal Kisruh PKB-PBNU: Kalau Syuriyah yang Panggil Pasti Datang

Ilustrasi Rapat Paripurna di DPR.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Sebenarnya PKB ini sudah menghormati apa yang menjadi hak PB NU untuk menjaga jarak dari seluruh partai politik,” kata Jazilul kepada awak media di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 30 Juli 2024.

Diskusi di Markas PKB, Cak Imin ke Gita Wirjawan: Saya Bilang ke Beliau Tolong Briefing Kami

Kendati begitu, Jazilul justru menyesalkan sikap Gus Yahya dan Sekretaris Jenderal NU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang selalu berupaya menggembosi PKB. 

Padahal, kata Jazilul, PKB sebagai parpol sudah menjaga jarak dengan NU dan membuktikan keberhasilannya memperjuangkan ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah di kancah politik, antara lain dengan meningkatnya jumlah perwakilan PKB di parlemen.

Fase Pemulangan Masih Berlangsung, 108 Ribu Lebih Jemaah Haji Tiba di Tanah Air

Photo :
  • Istimewa

“Tapi faktanya, misalnya, Gus Yahya, Gus Ipul, PBNU, itu selalu menggembosi, mengganggu, apa yang dilakukan PKB. Dan ketika PKB di 2024 terbukti memiliki prestasi yang luar biasa malah tidak diakui? Kenaikan anggota DPR RI: dari 58 ke 68--10 kursi. Dan, kemudian mencetak prestasi PKB menjadi satu-satunya partai politik berhaluan Ahlussunnah Wal Jamaah, yang paling besar di parlemen ini. Itu lho enggak pernah diakui,” ujarnya.

Karena itu, Jazilul menegaskan bahwa pernyataan Gus Ipul yang menyebut PKB tidak menghormati NU adalah pernyataan yang sangat keliru.

“PBNU kok tiba-tiba gila hormat? Enggak ada hubungannya kita ini memperjuangkan aspirasi, ajaran, tuntunan Ahlussunnah Wal Jamaah di bidang politik. Itulah cara menghormati. Maksudnya gimana menghormati? Menghormatinya begitu. Menjalankan apa yang menjadi ide ideologi perjuangan Ahlussunnah Wal Jamaah seperti juga NU,” katanya.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya di kantor PBNU Jakarta

Photo :
  • TVNU

Gus Yahya sebelumnya mengeluhkan banyaknya serangan dari elite PKB kepada PB NU. Menurut dia, serangan para elite partai yang dinakhodai Muhaimin Iskandar atau Cak Imin itu kepada PB NU makin frontal. 

"Jadi, karena akhir-akhir ini ada artikulasi-artikulasi yang sangat frontal dan, apa namanya, sangat tajam terhadap PB NU dari arah PKB dan juga menyangkut berbagai perkembangan mutakhir berkaitan dinamika berhubungan dua entitas ini," katanya, dalam konferensi pers yang disiarkan di TVNU, Minggu.

"Ya, saya harus sampaikan terus terang bahwa ada banyak komplain dari banyak peserta [rapat] pleno [PB NU]."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya