PKB Minta Warga Nahdliyin Tetap Tenang meski Ada Konflik dengan NU

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid bersama petinggi PKB.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta, VIVA - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid meminta agar seluruh warga Nahdlatul Ulama (NU) atau Nahdliyyin tetap tenang dan tak terpengaruh dengan konflik antara Pengurus Besar NU dengan PKB. Sebab, hingga saat ini PKB masih menjadi partai dengan haluan NU yang berpegang pada Ahlussunnah wal Jamaah.

Kuliah Umum di Rusia, Megawati Ingatkan Potensi Konflik Dunia akibat Penyalahgunaan AI

"Jadi yang dikisruh-kisruh jangan didengerin dah," kata Jazilul saat ditemui awak media di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 30 Juli 2024.

Wakil Ketua MPR RI ini menegaskan bahwa PKB justru belakangan makin besar di Parlemen.

Jurus Gus Hans Cawagub Risma Rebut Suara Nahdliyin dari Khofifah

Ketua Umum (Ketum) PBNU, KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya)

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

"Yang jelas, Partai Kebangkitan Bangsa itu alat perjuangan politik warga Nahdliyin yang hari ini, alhamdulillah, makin besar. Dan PKB menjadi partai berhaluan Nahdliyin, haluan Ahlussunnah wal Jamaah terbesar di parlemen," ujarnya. 

Siap Ajak Banser Ngopi Diskusi, Gus Salam: Kami Tak akan Berhenti Berjuang Demi Kebaikan NU

Jazilul pun mengajak seluruh warga Nahdliyin untuk tetap berjuangan bersama dengan PKB ke depannya. 

"Maka kami berharap semua masyarakat Nahdliyin dan kita terus berjuang agar apa? Agar menghasilkan legislasi, pengawasan kepada pemerintah, dan juga memberikan manfaat kepada masyarakat Nahdliyin," imbuhnya.

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Istimewa

Belakangan ini, terjadi ketegangan antara PB NU dengan PKB. Ketegangan itu ditengarai dengan adanya wacana PB NU yang ingin kembali merebut PKB melalui pembentukan tim lima atau panitia khusus (Pansus). Wacana itu muncul menyusul bergulirnya Pansus Angket Haji 2024 di DPR RI.

Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri saat menyampaikan kuliah umum di St. Petersburg University, Rusia, Senin, 16 September 2024.

Kuliah Umum di Rusia, Megawati Paparkan "Model Penjajahan Gaya Baru"

Megawati Soekarnoputri menyatakan saatnya negara-negara mencari terobosan kerja sama internasional, apalagi dengan berbagai persoalan geopolitik dan pemanasan global.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024