Elite PKB Sebut Gus Yahya "Contempt of Parliament"

Waketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid alias Gis Jazil di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Rabu, 3 Juli 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - PKB mengaku tak habis pikir dengan pernyataan Ketua Umum Nahdlatul Ulama (NU) Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) yang menyebut Pansus Angket Haji 2024 untuk mengincar sang adik yang juga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut.

Cak Imin Prihatin Muncul Gerakan 'Anak Abah Tusuk 3 Paslon': Kita Harap Tak Ada Golput

Menurut Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, pernyataan Gus Yahya itu melecehkan keputusan rapat Paripunra DPR RI yang menyepakati pembentukan Pansus Angket Haji 2024. Apalagi, Pansus Angket Haji 2024 disepakati oleh seluruh fraksi di DPR RI.

“Jadi, tudingan untuk kepentingan pribadi itu, itu menurut saya tudingan yang melecehkan keputusan paripurna: Hak Angket,” kata Jazilul kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 30 Juli 2024.

Cak Imin Sarankan Anies Tidak Perlu Buat Partai Baru: Kalau Pengen Dipanggil Ketum Ya Beda Lagi

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf menjelaskan mengenai isu Panitia Khusus (Pansus) Angket Haji 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jazilul mengatakan, pembentukan Pansus Angket Haji 2024 merupakan pengejawantahan dari hak konstitusional yang dimiliki DPR RI. Dia menyesalkan jika keputusan DPR RI ini dianggap oleh Gus Yahya sebagai upaya menyerang ranah pribadi. 

Muhaimin Iskandar: 5 Tahun ke Depan Ini, Era PKB Go Public

“Itu pelaksanaan konstitusi yang harus dihormati,” ujarnya. 

Atas dasar itu, Jazilul meminta Gus Yahya untuk membuktikan ucapannya terkait Pansus Angket Haji 2024 untuk menyerang sang adik.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat rapat di Komisi VIII DPR RI

Photo :
  • Dok Kemenag

“Jika ada pihak-pihak yang menduga itu, tolong buktikan. Kalau tidak terbukti maka itu contempt of parliament; mengganggu kinerja anggota DPR. Yang dari awal ini semuanya berdasarkan tahapan. Bukan hanya PKB, seluruh partai politik. Diputus di paripurna. Mana pribadinya?” kata Wakil Ketua MPR RI dari fraksi PKB ini.

Gus Yahya sebelumnya menyebut pembentukan pansus angket haji 2024 karena ada dendam pribadi dengan sasaran pimpinan NU. Terlebih Gus Yahya merupakan kakak dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut.

Tudingan itu pun, kata Gus Yahya, mengarah kepada orang-orang yang ingin menjatuhkan sang adik, Gus Yaqut.

"Makanya itu kami juga ini apa gara-gara, apa namanya, marah kepada PBNU, terus adik saya diincar, apa, bagaimana, kan begitu sih pertanyaan," kata Gus Yahya di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya