Respon Anies Baswedan PAN Siap Dukung Asalkan Zita Anjani jadi Wakilnya di Pilgub Jakarta

Anies Baswedan Sambangi Markas DPW PKB DKI Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Partai Amanat Nasional siap mendukung Anies Baswedan sebagai calon gubernur atau cagub di Pilgub Jakarta. Tapi ada syaratnya, asalkan Zita Anjani bisa menjadi cawagub Anies. Untuk diketahui, Zita adalah putri dari Ketum PAN Zulkifli Hasan dan saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jakarta.

Pilgub Sulut 2024, Duet Elly-Hanny Unggul Telak Nyaris 20 Persen di Atas Steven-Alfred

Terkait syarat dari PAN tersebut, Anies tidak bisa memberi kepastian. Mengingat untuk posisi cawagub harus dibicarakan dengan koalisi. Saat ini yang sudah terang-terangan mengajukan pendamping Anies adalah PKS yang mengusung Sohibul Iman.

"Terkait dengan pasangan semuanya tentu dalam pembicaraan," ujar Anies Baswedan kepada wartawan di Jakarta Pusat, dikutip Selasa 30 Juli 2024.

Didukung Sugianto Sabran, Alfian Mawardi Makin Mantap Hadapi Pilkada Kapuas

Ketua DPP Partai Amanat Nasional, Zita Anjani bersama Kader PAN

Photo :
  • Dokumentasi PAN

Meski begitu, Anies tetap mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang menyatakan akan siap mengusungnya di pilkada serentak 2024.

Brigjen Yuyun Ungkap Pesan Kapolri ke Jajaran Polda Lampung Jelang Pilkada

"Yang pertama saya ingin menyampaikan Terima kasih dan apresiasi kepada Pak Zulkifli Hasan dan PAN yang telah juga menyampaikan kepercayaan kepada kami untuk pilkada besok," kata Anies.

Diberitakan sebelumnya, DPP PAN menggaransi langsung mengeluarkan Surat Keputusan (SK) apabila Anies Baswedan menerima pinangan untuk dipasangkan dengan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jakarta dari PAN, Zita Anjani di Pilgub Jakarta 2024.

Demikian ditegaskan Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat, 26 Juli 2024.

“Jadi, kalau misalkan Anies ngambil Zita, besok SK-nya langsung keluar. Langsung deklarasi kita. PAN terdepan untuk memenangkan,” kata Yandri.

Wakil Ketua MPR RI Fraksi PAN ini menambahkan, pihaknya sudah mengutus Ketua DPW PAN Jakarta, Eko Patrio untuk berkomunikasi langsung dengan Anies Baswedan mengenai wacana tersebut. 

“Dan dalam komunikasi itu saya minta tolong Mas Eko sampaikan, kalau Mas Anies ngambil Zita Anjani, SK-nya langsung keluar. Dalam hitungan jam,” imbuhnya.

Yandri menjelaskan alasan PAN mengerucut mengusung Zita Anjani untuk maju sebagai bakal calon gubernur atau bakal calon wakil gubernur Jakarta. Ia menepis kalau diusulkannya Zita, bukan karena anak Zulkifli Hasan. Tetapi, Zita dianggap sudah memiliki pengalaman.

“Mbak Zita saat ini menjadi Wakil Ketua DPRD Provinsi Jakarta, kemudian kembali terpilih sebagai calon anggota DPRD DKI periode 2024-2029. Sehingga kita usulkan Mbak Zita karena pengalamannya,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya