Survei Cyrus Network, Ngatiyana dan Dikdik Bersaing Ketat di Pilwalkot Cimahi

Direktur Riset Cyrus Network, Dasman Ashar Affandi
Sumber :
  • Cyrus Network

Jakarta, VIVA – Elektabilitas calon Wali Kota Cimahi masih didominasi oleh dua bakal calon, yakni Ngatiyana dan Dikdik Suratno Nugrahawan. Itu terlihat dari hasil survei yang dilakukan Cyrus Network. Survei dilakukan pada periode 3-7 Juli 2024.

Lawan Cawalkot yang Diendorse Gibran di Pilkada Solo Tambah Dukungan 4 Parpol

Direktur Riset Cyrus Network, Dasman Ashar Affandi, menjelaskan bahwa pihaknya melakukan berbagai simulasi. Memang Ngatiyana unggul tetapi cukup tipis. Jaraknya masih dekat dan dalam rentang margin error.

Keunggulan Ngatiyana mulai melebar, ketika simulasi dilakukan dengan mengerucutkan pada empat nama. Angka keunggulannya mulai terlihat jauh.

Survei: Kamala Harris Unggul 47 Persen dari Donald Trump

Dia mencontohkan, pada simulasi 4 nama dengan menyertakan Ahmad Zulkarnaen. Simulasi ini membuat Ngatiyana unggul 39,6 persen, Dikdik Suratno 34,4  persen,  Ahmad Zulkarnaen 17,8 persen,  Adhitia Yudistira 5,2 persen. Sedangkan yang belum memutuskan 2,0 persen, tidak memilih 0,6 persen, tidak menjawab/rahasia 0,4 persen.

Simulasi juga dilakukan dengan 4 nama menyertakan Bagja Setiawan. Maka Ngatiyana memperoleh 43,6 persen, Dikdik Suratno 40,2 persen, Adhitia Yudhistira 7,6 persen, Bagja Setiawan 3,8 persen. Adapun yang belum memutuskan/ragu-ragu 3,0 persen, tidak memilih 1,4 persen, tidak menjawab/rahasia 0,4 persen.

Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

"Dari data elektabilitas, terlihat kompetisi ketat antara Ngatiyana dengan Dikdik. Karena itu pilihan pasangan dan strategi kampanye yang nanti dilakukan akan sangat menentukan," ujar Dasman, dalam keterangannya, Senin 29 Juli 2024.

Cyrus Network juga melakukan simulasi untuk tiga pasangan dengan berbagai variasi. Hasilnya, ternyata pasangan Ngatiyana-Adhitia adalah pasangan yang selalu diurutan pertama elektabilitasnya.

Simulasi pertama :

Ngatiyana-Adhitia Yudistira 48,6 persen

Dikdik Suratno Nugrahawan-Bilal Insan Muhammad Priatna 34,6 persen

Achmad Zulkarnain-Edi Sartono 13,8 persen

Belum memutuskan/masih ragu/tidak tahu 2,2 persen

Tidak Memilih 0,8 persen

Tidak Menjawab/Rahasia 0,2 persen

Simulasi tiga pasang:

Ngatiyana Adhitia Yudistira 52,4 persen

Dikdik Suratno- Edi Sartono 37 persen

Bagja Setiawan- Bilal Insan M Priatna 6,8 persen

Belum memutuskan 2,6 persen

Tidak memilih 1,0 persen

Tidak menjawab/rahasia 0,2 persen.

Pada simulasi 3 pasangan baik versi pertama maupun ke dua, ketika calon Wakil Wali Kotanya diganti dengan kandidat lain, hasilnya tidak banyak berubah. Pasangan Ngatiyana-Adhitia Yudistira selalu unggul.

Untuk diketahui, survei Cyrus Network dilakukan pada 3-7 Juli 2024. Yakni dengan cara wawancara tatap muka terhadap 500 responden yang tersebar di 15 kelurahan terpilih di tiga Kecamatan di Cimahi.

Penarikan sample menggunakan metode multistage random sampling, dengan tingkat kepercayaan (significant level) 95 persen dengan margin of error +/- 4 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya