Megawati Bakal Umumkan Calon Kepala Daerah yang Diusung PDIP Pekan Depan

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri Pimpin Pelantikan di Sekolah Partai
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dikabarkan akan mengumumkan sosok calon kepala daerah yang bakal diusung partainya di Pilkada Banten, Jakarta, dan Sumatera Utara (Sumut) pada pekan depan. 

Didukung Sugianto Sabran, Alfian Mawardi Makin Mantap Hadapi Pilkada Kapuas

Demikian itu diungkapkan Ketua DPP PDIP Said Abdullah merepons pertanyaan perihal kapan PDIP akan mengumumkan bakal calon gubernur atau bakal cawagub di Pilkada Banten, Jakarta, dan Sumut.  

“Iya, wong untuk tingkatan itu (pengumuman cakada) daripada berwacana terus, ya sudahlah yang pasti-pasti aja, tunggu Rabu lah percaya gua,” kata Said kepada awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 29 Juli 2024.

Brigjen Yuyun Ungkap Pesan Kapolri ke Jajaran Polda Lampung Jelang Pilkada

Ketua DPD PDIP Jatim M Said Abdullah.

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Kendati begitu, Said belum bisa mengonfirmasi siapa-siapa saja tokoh yang akan diusung PDIP untuk Pilkada Banten, Jakarta maupun Sumut. Ia meminta semua pihak menunggu keputusan resmi yang akan diumumkan Megawati nanti. 

Dukung Luluk-Lukman di Pilgub Jatim, Din Syamsuddin: Tak Aneh Tokoh Muhammadiyah Dukung Kader NU

“Siapa-apa itu belum ada keputusan. Biasanya kalau kawan-kawannya nanya, sabar aja, karena nampaknya baru Minggu depan diumumkan kalau PDIP ada, ya,” kata dia.

Sebelumnya, Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan bahwa partainya akan mengumumkan calon kepala daerah (Cakada) sebelum batas akhir pendaftaran calon di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. 

Adapun, pengumuman pendaftaran pasangan calon akan dilakukan pada 24 hingga 26 Agustus 2024. Sedangkan pendaftaran pasangan calon baik perseorangan maupun pasangan calon yang diusung partai politik atau gabungan partai politik dilakukan pada 27 hingga 29 Agustus 2024.

"Sebelum paslon diumumkan dalam waktu dekat, di mana kami merencanakan akan ada 3 gelombang pengumuman yang nantinya sampai sebelum pendaftaran paling akhir pada tanggal 24 Agustus, kami umumkan," kata Hasto di Bogor, Jawa Barat, Selasa pekan lalu.

Ilustrasi Pilkada

Survei: Pilkada Jakarta dan Jawa Tengah Paling Ketat, Kepuasan Kinerja Jokowi-Ma'ruf Amin Tinggi

Elektabilitas sejumlah pasangan calon kepala daerah mendominasi, jelang masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024