Pemilih PDIP Mayoritas Pilih Bobby Nasution, Hasil Survei LSI

Walikota Medan, Bobby Nasution.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Jakarta - Mayoritas pemilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, memberi dukungannya ke Bobby Afif Nasution di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Sumatera Utara. Bobby diketahui eks kader partai berlambang banteng moncong putih itu.

Bawaslu Akui Tak Bisa Tindak Bakal Calon Kepala Daerah Bagi Sembako sebelum Kampanye

Itu berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), dimana yang memilih Bobby jumlahnya 62,2 persen. Sementara sebanyak 14,6 persen akan memilih Nikson Nababan yang juga kader PDIP. Sedangkan Edy Rahmayadi 14,0 persen.

"Pemilih PDIP untuk sementara masih ke Bobby. Pemilih PDIP mungkin ini sisa-sisa kenangan ketika Bobby masih menjadi kader PDIP kali," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, Minggu, 28 Juli 2024.

Prabowo Dijadwalkan Pidato Kebangsaan di Acara Ultah 3 Tahun Partai Buruh

Arah dukungan mayoritas pemilih PDIP diduga lari ke Bobby, lantaran partai itu belum juga mengumumkan sosok yang mereka usung di Pilkada Sumatera Utara. Selain PDIP, mayoritas pemilih partai lain pun mengarahkan dukungan mereka ke Bobby. Ada Partai Golkar dan Gerindra. Dimana 71,8 persen dari Gerindra pasti memilih Bobby, dan 57,3 persen dari pemilih Golkar memilih Bobby.

"Pemilih Partai Golkar walaupun belum dominan tapi cenderung lebih banyak ke Bobby. Tapi menarik juga 35 persenan memilih Edy Rahmayadi," ujar dia.

Bawaslu Siapkan Rancangan Peraturan Pilkada Ulang Bila Kotak Kosong Menang

Adapun survei diambil berdasar sampel sebanyak 800 orang menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan atau margin of error ±3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling.

Sampel berasal dari seluruh kabupaten/ kota di Provinsi Sumatera Utara yang terdistribusi secara proporsional. Wawancara tatap muka dilakukan oleh pewawancara yang telah dilatih terhadap responden terpilih.

Gedung Mahkamah Konstitusi

Petahana Maju Lagi di Pilkada Kukar Potensi Tiga Periode, KPU Diingatkan Patuhi Putusan MK

Aliansi Masyarakat Sipil mendatangi kantor Bawaslu RI, mendesak agar Bawaslu membatalkan pencalonan Edi Damansyah sebagai Bupati Kutai Kartanegara dalam Pilkada 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024