Survei LSI Bobby Nasution Top of Mind di Pilgub Sumatera Utara, Unggul Jauh dari Edy Rahmayadi

Wali Kota Medan Bobby Nasution
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution, menempati posisi tertinggi top of mind sebagai calon gubernur atau cagub Sumatera Utara di pilkada 2024. Bahkan nama Bobby unggul jauh dari pesaing utamanya, Edy Rahmayadi.

Bocoran Timses RK-Suswono, Ada Eks Wakil Gubernur Jakarta hingga Pentolan PKS

Hal itu berdasar hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI), yang melakukan survei ke masyarakat. Masyarakat diminta menyebut cagub yang mereka dukung tanpa memberi pilihan-pilihan nama. Tertinggi, nama Bobby yang kini masih menjabat Wali Kota Medan.

"Pada simulasi top of mind, M. Bobby Afif Nasution paling banyak disebut 34,2 persen," ucap Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, Minggu, 28 Juli 2024.

Ridwan Kamil Beberkan Jurus Atasi Pengangguran di Jakarta

Untuk di urutan kedua di bawah Bobby ada bakal cagub incumbent yakni Edy Rahmayadi dengan suara 15,1 persen. Edy disebut menjadi pesaing utama Bobby di Pilgub Sumatera Utara tahun ini. Ada beberapa nama lagi yang masuk top of mind, tapi prosentasenya sangat jauh dari Bobby dan Edy.

Sebut saja Musa Rajekshah atau Ijeck 4 persen dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan 3,3 persen.

Beredar Surat Dukungan untuk Paslon Bupati Garut Libatkan Kepala Desa

"Belum menentukan pilihan 34,7 persen," kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, baik dari berbagai simulasi satu nama maupun pasangan terlihat dua kontestan yang selalu paling atas adalah Bobby dan Edy. Dengan berbagai simulasi yang dilakukan, Bobby tetap unggul dari Edy.

"Pada simulasi 10 nama hingga head to head, Bobby konsisten unggul dengan dukungan berkisar antara 44,8 persen sampai 80,3 persen. Kemudian, Edy Rahmayadi dengan dukungan berkisar 23,7 persen sampai 73,9 persen, bergantung jumlah nama dalam simulasi dan nama-nama yang disimulasikan," katanya.

Adapun survei diambil berdasar sampel sebanyak 800 orang menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan atau margin of error ±3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling.

Sampel berasal dari seluruh kabupaten/ kota di Provinsi Sumatera Utara yang terdistribusi secara proporsional. Wawancara tatap muka dilakukan oleh pewawancara yang telah dilatih terhadap responden terpilih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya