Andi Arief Jadi Komisaris PLN, Siapa Pengganti Kepala Bappilu Demokrat?

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Demokrat, Andi Arief
Sumber :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

Jakarta - Partai Demokrat sudah menunjuk salah satu kadernya mengisi jabatan Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) menggantikan Andi Arief yang resmi ditunjuk menjadi Komisaris PLN.

Institut Teknologi PLN dan Bapeten Dukung Penggunaan Teknologi Nuklir Ramah Lingkungan

"Beliau sudah mundur dari Bappilu, penggantinya tentu akan ada Plt. Pada saatnya nanti akan disampaikan," ujar Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron kepada wartawan di DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat, 26 Juli 2024.

Herman mengaku Partai Demokrat akan mengumumkan dalam waktu dekat sosok yang menggantikan Andi Arief mengisi jabatan Ketua Bappilu.

Penuhi Target Energi Hijau, Luhut Pastikan RI Tambah 21 Gigawatt EBT di Sektor Kelistrikan

Andi Arief

Photo :
  • Galih Purnama (VIVA)

"Sampai tadi malam pembahasan masih belum muncul, tapi mungkin dalam beberapa hari ke depan akan diumumkan," ujar Herman. 

135 Mahasiswa Institut Teknologi PLN Lolos Seleksi dan Teken Kontrak Ikatan Kerja

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng menegaskan partai Demokrat sudah memiliki sosok pengganti Andi Arief. Namun, Demokrat masih menunggu tahapan-tahapan dari Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Ada (pengganti Andi Arief). Karena saya dengar namanya ada disebut tapi saya belum dengar langsung dari ketua," tutur dia.

Sebelumnya, elite Partai Demokrat membenarkan Andi Arief diangkat sebagai Komisaris PT PLN Persero. Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution membenarkan kabar tersebut. 

“Iya. Betul. Diangkat menjadi salah satu Komisaris,” kata Syahrial saat dikonfirmasi wartawan, Selasa, 23 Juli 2024.

Pengangkatan Andi Arief sebagai salah satu komisaris PLN tercantum dalam Surat Nomor: UND-30/Wk.MBU.01/07/2024. Surat tersebut merupakan undangan penyerahan salinan surat keputusan Menteri BUMN terkait perubahan susunan pengurus perseroan.

Penyerahan salinan surat itu dilakukan di Ruang Rapat Paiton Lantai 3 Kantor Pusat PLN. Rapat penyerahan tersebut dipimpin Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi.

Syahrial juga menyampaikan, perombakan jajaran direksi juga dilakukan terhadap Komisaris Utama (Komut). Adapun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menunjuk Burhanuddin Abdullah menggantikan Agus Martowardojo.

"Komutnya Pak Burhanuddin Abdullah yang menggantikan Agus Martowardojo," kata Syahrial.

Lalu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya mengatakan pihaknya sudah memberhentikan Andi Arief dari jabatan Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu). Pemberhentian itu dilakukan seiring ditunjukkan Andi Arief sebagai Komisaris PLN.

"Tentu karena kan sudah aktif dalam komisaris. Nanti akan ada tentu yang melanjutkan penugasan Bang Andi Arief sebagai Kepala Bappilu di DPP Partai Demokrat," kata Riefky kepada wartawan di JCC, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Juli 2024.

Meski begitu, Riefky enggan menjelaskan lebih jauh sosok yang akan menggantikan posisi Andi Arief. Dia hanya menegaskan Demokrat sudah menetapkan pengganti Andi Arief setelah menjadi Komisaris PLN. "Sudah, sebelum penetapan di RUPS," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya