Anies Baswedan Tak Tergoyahkan sebagai Top of Mind di Pilgub Jakarta 2024

Anies Baswedan saat sambangi markas DPW PKB DKI Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Nama-nama kandidat yang elektabilitasnya tinggi untuk maju di Pilgub Jakarta, mulai mengerucut pada 3 nama teratas. Yakni Anies Baswedan yang merupakan patahana, mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Didukung Muhammadiyah, Agus Irawan Optimis Boyolali Bakal Lebih Maju dan Harmonis

Jelang pembukaan pendaftaran cagub-cawagub di Pilkada 2024 yang dimulai akhir Agustus ini, Anies Baswedan masih top of mind dengan posisi tertinggi. Setidaknya itu tergambar dari sejumlah lembaga survei yang mulai mengukur elektabilitas sejumlah nama kandidat tersebut.

Nama Ahok atau BTP, juga muncul lagi. Bahkan, dia menempel Anies Baswedan dan berada diurutan kedua. Menyusul di bawahnya nama Ridwan Kamil yang juga disiapkan oleh Partai Golkar untuk berlaga termasuk di Jakarta, selain Jawa Barat.

Cari Suara di Pilgub Jakarta, Pramono Komunikasi dengan Pendukung Anies Baswedan

Meski Anies masih posisi teratas top of mind di Pilkada Jakarta, tetapi belum mampu melampaui angka di atas 50 persen. Dengan keberadaan Ahok diurutan kedua, setidaknya membuka peluang untuk laga ulang atau rematch Pilgub 2017 antaran Anies dengan Ahok.

Top of mind Anies di Pilgub Jakarta yang masih tinggi ini, terlihat dari hasil sejumlah lembaga survei. Berikut hasil survei Pilgub Jakarta oleh beberapa lembaga survei:

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Bilang Ada Cawe-cawe Kekuasaan di Pilkada Jatim


1. Indikator Politik Indonesia

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Anies Rasyid Baswedan saat acara debat Pilkada DKI Jakarta. (Viva.co.id)

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Indikator merilis survei terbarunya, yang dilakukan pada 18-26 Juni 2024 kepada seluruh warga negara Indonesia di Provinsi Jakarta. Yang disurvei adalah yang punya hak pilih dalam pilgub nanti. Yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Survei pertama tidak menyebutkan nama-nama kepada masyarakat atau responden. Mereka yang menulis atau menyebutkan siapa cagub yang dipilih. Dalam pilihan masyarakat tanpa memberi pilihan nama itu, Anies Baswedan berada di posisi teratas.

"Pada simulasi top of mind (tidak menyebut nama calon), Anies Baswedan paling banyak yang disebut 39,7 persen. Kemudian Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok 23,8 persen dan Ridwan Kamil 13,1 persen dan nama lain jauh di bawah itu serta yang belum menentukan pilihan sebagai 16,1 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam rilis secara virtual hasil survei bertajuk 'Siapa Unggul di Jakarta? Rematch Anies vs Ahok dan Potensi Munculnya Kuda Hitam', Kamis, 25 Juli 2024.

Selain 3 nama itu, ada beberapa nama lain tetapi sangat jauh jaraknya dengan Anies, Ahok, dan Ridwan Kamil.

Yakni Tri Rismaharini 1,4 persen, Erick Thohir 1,1 persen, Erwin Aksa 0,8 persen, Ahmad Sahroni 0,6 persen, Heru Budi Hartono 0,4 persen, Uya Kuya 0,4 persen. Lalu ada Kaesang Pangarep 0,3 persen, Sandiaga Uno 0,3 persen, Raffi Ahmad 0,3 persen, Mardani Ali Sera 0,2 persen, Sri Mulyani 0,2 persen, Ahmad Syaikhu 0,2 persen, Dharma Pongrekun 0,2 persen, Dede Yusuf 0,2 persen.

Anies Baswedan dan Ridwan Kamil adu gol di JIS

Photo :
  • Instagram @aniesbaswedan

Litbang Kompas juga sempat merilis hasil survei yang mereka lakukan, untuk Pilkada Jakarta. Survei dilakukan dalam kurun waktu pada 15-20 Juni 2024. Tiga nama mendominasi pada posisi teratas.

Anies Baswedan masih tidak tergoyahkan elektabilitasnya berdasarkan Litbang Kompas ini. Dimana Gubernur Jakarta 2017-2022 itu meraih 29,8 persen. Posisi Anies bisa dibilang belum aman. Sebab urutan kedua dari hasil Litbang Kompas adalah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, yang elektabilitasnya 20 persen. Ridwan Kamil urutan ketiga dengan 8,5 persen. 

Tingkat keterpilhan Anies juga tinggi. Yang pasti akan memilih 39 persen, mempertimbangkan akan memilih 36,3 persen, dan yang tidak akan memilih 17,3 persen.

Selanjutnya, yang sudah memastikan akan memlih Ahok itu mencapai 34,5. Masyarakat yang mempertimbangkan memilihnya 39,5 persen. Tidak akan memilih 17,8 persen, tidak tahu/tidak jawab 8,3 persen.

Sedangkan yang pasti akan memilih Ridwan Kamil sebesar 24 persen. Lalu yang mempertimbangkan memilihnya adalah 52,3 persen. Yang memastikan tidak memilih Ridwan Kamil sebesar 21, 3 persen.

3. CER Indonesia

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Photo :
  • Instagram @ridwankamil

Hasil survei yang dilakukan oleh CER Indonesia masih menempatkan nama Anies Baswedan pada posisi teratas. Sama dengan lembaga survei yang lain, Anies masih memuncaki. Menyusul dua nama di bawahnya yakni Ahok dan Ridwan Kamil.

Direktur CER Indonesia Suryadi Sulthan, mengatakan pihaknya juga melakukan berbagai simulasi. Seperti simulasi dengan menampilkan 10 nama. Anies masih tertinggi dengan 46,4 persen, menyusul Ahok 25,3 persen, dan urutan ketiga ada Ridwan Kamil dengan raihan sebesar 16,8 persen.

CER Indonesia juga melakukan simulasi dengan 4 nama. Anies tetap urutan pertama dengan 54,3 persen. Disusul Ahok urutan kedua dengan 27,1 persen, Ridwan Kamil 19,0 persen, dan terakhir ada Kaesang Pangarep dengan 3,5 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya