Anies Top of Mind Pilgub Jakarta Dibayangi Ahok Versi Indikator, Peluang Rematch?

Debat Ahok-Anies di Pilgub Jakarta 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta - Hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia, menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan untuk Pilgub Jakarta, masih yang paling tertinggi. Elektabilitas itu mengalahkan nama-nama kuat yang digadang bakal maju juga di Pilkada Jakarta seperti Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan Ridwan Kamil

Dosen Sindir Anggota DPRD Termuda Jateng, Fakta Siswi SMP Dibunuh hingga Duel Taruna Vs Perwira

Dalam berbagai simulasi, Anies mengalahkan dua rivalnya itu. Walaupun angka elektabilitas Anies belum mencapai angkat 50 persen.

Survei Indikator ini dilakukan selama periode 18-26 Juni 2024. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Provinsi Jakarta yang punya hak pilih dalam pemilihan umum. Yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Ridwan Kamil Janji Anggarkan Rp 200 Juta ke Tiap RW di Jakarta Jika Jadi Gubernur

Penarikan sampel memakai metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 800 orang. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 800 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Pada simulasi top of mind (tidak menyebut nama calon), Anies Baswedan paling banyak yang disebut 39,7 persen. Kemudian Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok 23,8 persen dan Ridwan Kamil 13,1 persen dan nama lain jauh di bawah itu serta yang belum menentukan pilihan sebagai 16,1 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam rilis secara virtual hasil survei bertajuk 'Siapa Unggul di Jakarta? Rematch Anies vs Ahok dan Potensi Munculnya Kuda Hitam', Kamis, 25 Juli 2024.

RK Pamer 2 Kali Pimpin Daerah, Urus 50 Juta Penduduk

Dalam simulasi semi terbuka 40 nama cagub Jakarta, diterangkan Burhanuddin, Anies tetap unggul dengan elektabilitas 41,7 persen, kemudian disusul Ahok dengan elektabilitas 27,0 persen dan Ridwan Kamil dengan elektabilitas 15,4 persen. 

Sementara nama-nama lain di bawah angka 2 persen dan yang belum menjawab sebanyak 4,8 persen.

Begitu juga simulasi 16 nama, Anies tetap kokoh di puncak elektabilitas elektabilitas 41,7 persen, lalu disusul Ahok dengan elektabilitas 27,0 persen dan Ridwan Kamil dengan elektabilitas 15,4 persen. 

Sementara nama-nama lain di bawah angka 2 persen dan yang belum menjawab sebanyak 4,8 persen. Hasil yang relatif sama dalam simulasi 9 dan 4 nama calon gubernur.

"Dalam simulasi tiga nama, Anies juga unggul dengan elektabilitas 43,8 persen, lalu disusul Ahok 32,1 persen dan Ridwan Kamil 18,9 persen serta yang tidak menjawab atau tidak tahu sebanyak 5,3 persen," kata Burhanuddin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya