Relawan Pro Jokowi Deklarasi Dukung Gusti Bhre jadi Cawalkot Solo Gantikan Gibran

Projo Solo deklarasi duungan kepada KGPAA Mangkunegara X sebagai calon Wali Kota Solo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo – Relawan Pro Jokowi atau Projo DPC Kota Solo, mendeklarasikan dukungan kepada Pengageng Praja Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, sebagai bakal calon Wali Kota Solo pada Pilkada 2024.

Rocky Gerung Dilaporkan ke Polda Metro usai Sebut Gibran Kerap Terima Setoran

Dukungan itu diberikan, lantaran sosoknya dianggap sebagai tokoh muda yang mampu memimpin Kota Solo. Dia dianggap paling tepat menggantikan Wali Kota Solo sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka, yang sudah mengundurkan diri.

Acara deklarasi yang diawali dengan pentas hiburan musik keroncong itu, diikuti sekitar seratusan relawan Projo dan Komunitas Solo Bersatu, yang diselenggarakan di salah satu rumah warga di daerah Joyontakan, Kecamatan Serengan, Solo pada Rabu, 24 Juli 2024, malam.

Menggantung Harapan dari Ekonomi Digital

Relawan tersebut juga memasang spanduk bergambar wajah Jokowi, Gibran hingga Mangkunegara X atau yang akrab disapa Gusti Bhre. Selain itu, spanduk Projo juga menghiasi ruang pertemuan tersebut.

Para relawan yang hadir dalam acara deklarasi itu sepakat untuk mendukung Gusti Bhre sebagai bakal calon Wali Kota Solo. Pernyataan sikap dukungan itu dilakukan dengan pembacaan deklarasi yang dipimpin Ketua DPC Projo Kota Solo, Tego Widarti, yang diikuti para relawan yang hadir.

Kubu Helmi - Yudi Percaya Diri Walau Lawan Anak Kapolda Metro yang Didukung 12 Partai

“Relawan Surakarta mengingatkan pemimpin muda seperti Gusti Bhre untuk siap melestarikan budaya dan keberlanjutan pembangunan Kota Surakarta (Solo). Kami percaya dengan kepemimpinan beliau, Solo akan menjadi kota yang lebih maju dan berdaya saing nasional bahkan internasional,” bunyi deklarasi yang dibacakan Widarti dan diikuti para relawan saat pembacaan deklarasi pada Rabu, 24 Juli 2024, malam.

Usai acara deklarasi, Ketua DPC Projo Kota Solo itu mengatakan kegiatan yang digelar pada malam ini merupakan deklarasi dukungan yang dberikan masyarakat yang hadir untuk mendukung Gusti Bhre maju sebagai calon Wali Kota Solo. Munculnya dukungan dari relawan Projo, Widarti mengharapkan agar Gusti Bhre mau mendengarkan aspirasi dan dukungan masyarakat tersebut untuk maju sebagai pengganti Wali Kota Solo sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka yang bakal menjadi Wakil Presiden RI.

“Kami sangat berharap dan mengharapkan sekali Gusti Bhre berkenan untuk mendaftarkan diri sebagai calon Wali Kota Solo karena itu merupakan harapan kami. Siapa lagi tokoh muda yang kita pandang mampu untuk meneruskan pembangunan-pembangunan yang sudah dijalankan dari Mas Gibran,” ujar dia.

Menurut Widarti, deklarasi relawan Projo Solo untuk mendukung Gusti Bhre sudah diketahui oleh pihak pengurus DPP Projo. Apalagi dukungan untuk Gusti Bhre itu muncul dari aspirasi para relawan Projo di tingkat bawah hingga Projo DPC Solo telah bersepakat untuk mendukung Pengageng Praja Mangkunegaran itu maju dalam pilkada.

“Kalau kami dari Projo karena struktur kami dari atas, daerah sampai cabang sudah komplit dan semua sudah berjalan sesuai dengan desk pilkada. Jadi untuk pusat sendiri sudah oke untuk dukungan kami ke Gusti Bhre. Kita memberikan beberapa calon yang diusulkan ke pusat dan kita sudah diajak diskusi dengan pusat, untuk Projo Solo kita dukung ke Gusti Bhre,” jelasnya.

Sedangkan terkait pasangan calon wakil Gusti Bhre dalam pencalonannya nanti di Pilkada Solo, dia menyerahkan semua keputusan calon wakil wali kota itu kepada yang bersangkutan. Siapa pun nama yang dipilih oleh Adipati Mangkunegaran itu, Widarti akan tetap mendukungnya untuk menjadi Wali Kota Solo.

“Untuk wakil, kami menyerahkan semuanya ke Gusti Bhre. Untuk wakil kami tidak berkompeten dalam hal itu. Untuk pusat kami tetap sesuai arahan pusat untuk mengajukan calon dari bawah, yaitu Gusti Bhre. Untuk wakilnya monggo serahkan ke beliaunya. Kami Projo Solo suka dengan Gusti Bhre sebagai Wali Kota Solo,” harapnya. 

Sebelumnya deklarasi dukungan terhadap Mangkunegara X juga dilakukan oleh puluhan anak muda di Solo yang tergabung dalam  relawan Gen Zolo. Deklarasi dan sarasehan itu berlangsung di Dalem Sutowigyan, Jalan Kebangkitan 57, Penumping, Lawyan, Solo pada Selasa, 23 Juli 2024 malam. 

“Kami Gen Zolo dengan ini menyatakan dukungan terhadap Gusti Bhre sebagai calon Wali Kota Solo. Kita akan mengusahakan Mas Mas jawa yang memimpin Kota Solo,” demikianlah bunyi deklarasi yang dibacakan Ketua Umum Gen Zolo, Ivan Nurdiansyah yang diikuti para pemuda-pemudi yang hadir dalam deklarasi itu.

Dalam kesempatan itu, Ivan mengatakan pemuda-pemudi Solo ingin keberlanjutan dari kepemimpinan Wali Kota Solo sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka. “Nah arah gerak seperti apa yang kita harapkan terkait adanya pemilihan calon wali kota di Solo. Untuk itu kami membahas mengenai kepemimpinan tranformasional dan juga kepemimpinan yang sifatnya melanjutkan dari Mas Gibran,” harapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya