Pilkada Serentak 2024, Jokowi Bakal Nyoblos di TPS 06 Gambir

Jokowi Dilakukan Coklit oleh Petugas KPU Bersama Penjabat Gubernur DKI Heru Budi
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didatangi KPU RI dan KPU DKI Jakarta di Istana Kepresidenan Jakarta untuk pencocokan dan penelitian (coklit) data jelang Pilkada Serentak pada Rabu, 24 Juli 2024. Rencananya, Jokowi akan mencoblos Pilkada Serentak di TPS 06, Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat.

Bakal Calon Wakil Gubernur Aceh Tu Sop Meninggal Dunia

“Sudah ada TPS potensial di TPS 06 Kelurahan Gambir. Biasanya di Kantor LAN (Lembaga Administrasi Negara),” kata Komisioner KPU RI, Betty Epsilon Idroos di Kompleks Istana Kepresidenan pada Rabu, 24 Juli 2024.

Jokowi Dilakukan Coklit oleh Petugas KPU Bersama Penjabat Gubernur DKI, Heru Bud

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris
Dedi Mulyadi: Jangan Rekrut Buzzer dan Nyusahin Warga

Komisioner KPU RI dan KPU DKI melakukan coklit data Presiden Jokowi didampingi oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Maka dari itu, Betty mengimbau bagi warga DKI untuk mengecek kembali apakah namanya sudah terdaftar apa belum melalui webstie resmi dptonline.kpu.go.id.

“Nanti warga Jakarta tinggal memasukkan NIK saja dan akan diketahui namanya sudah terdaftar atau dalam daftar pemilih pada Pilgub mendaftar. Kalau belum itu bisa melaporkan pada petugas kami di lapangan di kelurahan, kecamatan PPS/PPK atau kabupaten atau kota atau melalui aplikasi tersebut sudah bisa langsung melaporkan. Ada lapor pemilih ketika belum terdaftar di daftar pemilih,” ujarnya.

Kata KPU Sumbar soal Larangan Penarikan Calon Kepala Daerah oleh Parpol

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didatangi Petugas KPU RI dan KPU DKI untuk dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada Serentak 2024 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Rabu, 24 Juli 2024.

“Alhamdulillah, kami diterima dengan sangat baik oleh Presiden Joko Widodo dan di sini,” kata Komisioner KPU RI, Betty Epsilon Idroos di Kompleks Istana Kepresidenan pada Rabu, 24 Juli 2024.

Menurut dia, hari ini adalah terakhir untuk kegiatan coklit yang telah dilakukan Petugas KPU sejak 24 Juni dan berakhir pada 24 Juli 2024. Berdasarkan data yang dihimpun dari KPU RI, yang diperoleh dari aplikasi e-coklit itu sudah terdata 99,89 persen dan sudah selesai pada jam 12.00 WB.

“Di seluruh Indonesia masih berlangsung kegiatan coklit atas data yang dimiliki oleh KPU, dengan dokumen kependudukan yang dilakukan datang dari rumah ke rumah untuk diteliti oleh petugas pantarlih kita,” jelas dia.

Menurut dia, Presiden Jokowi dan Iriana memiliki KTP Jakarta. Sehingga, dilakukan coklit di Istana Kepresidenan. Pada kesempatan itu, KPU RI dan KPU DKI didampingi oleh Penjabat Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya