Singgung Masalah Haji Tak Ada Solusi, Cak Imin: Tunggu Pak Jazil Jadi Menag

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Mukernas PKB.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengeluhkan persoalan haji yang tak kunjung usai. Menurut dia, ada persoalan yang terus berulang.

Cak Imin Unggah Foto Berpelukan dengan Prabowo: Persahabatan Akan Terus Berlanjut

Cak Imin bilang, Kementerian Agama (Kemenag) sebagai pelayan daripada jemaah haji asal Indonesia belum memberikan solusi soal optimalisasi pelayanan ibadah haji.

“Pelaksanaan haji dari tahun ke tahun solusinya tidak ada, begitu mengulangi -ngulangi. Untungnya jemaah haji kita itu sabar,” kata Cak Imin saat memberikan sambutan di acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) dan Harlah PKB ke-26 di JCC, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Juli 2024.

PKB Tetapkan Susunan Pengurus Periode 2024-2029, Ini Daftarnya

Cak Imin pun berkelakar dengan mengutip fatwa dari Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid alias Gus Jazil, yang menyebut makin sulit ibadah haji akan semakin kecil pahalanya. Pun, sebaliknya, semakin lancar ibadah haji akan semakin tinggi pahalanya.

“Dan menganggap sulitnya itu dianggap ya ini bagian dari cobaan. Kata Pak Jazil, semakin sulit ibadah haji, semakin kecil pahalanya,” tuturnya.

Menkumham Ngaku Teken SK Kepengurusan PKB Muktamar Bali: Kalau Tidak Salah, Sudah Ya

Waketum PKB, Jazilul Fawaid

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

“Jadi, saya tanya Pak Jazil, kita jemaah di dalam masjid untel-untelan cari tempat duduk. Itu pahalanya lebih besar? ‘Oh enggak, justru di Hotel yang keliatan Ka’bahnya langsung justru pahalanya jauh lebih besar'. ‘Kenapa?, ‘bayarnya mahal soalnya',” lanjut Cak Imin.

Cak Imin menyebut alasan itulah yang membuat pelaksanaan ibadah haji Indonesia cukup aneh. Sebab, tak ada cara menangani penumpukan jamaah yang dikarenakan lokasinya terbatas.

Dalam kesempatan yang sama, Cak Imin secara blak-blakan meng-endorse dan mendoakan agar Gus Jazil dapat diangkat jadi Menteri Agama (Menag) selanjutnya. 

Cak Imin berharap Jazilul apabila ditugaskan sebagai Menag, dapat memberikan sejumlah terobosan inovasi, khususnya terkait dengan pelaksanaan ibadah haji.

“Dari dulu tidak ada solusi, setelah satu abad baru ada solusi. Yang namanya lempar jumroh bertingkat, kenapa arafah mina gak dibikin bertingkat? Tentu menunggu pak Jazil menjadi Menteri Agama, kira-kira. Tapi, saya khawatir kalau jadi menteri agama, fatwanya yang enteng-enteng terus,” sebut Cak Imin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya