Waketum: PKB kan Partai Pertama yang Dukung Anies, Tinggal Umumkan Saja

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin, 22 Juli 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta - Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid alias Gus Jazil mengatakan pihaknya sudah mendukung Anies Baswedan untuk maju di Pilgub Jakarta 2024. Menurut dia, PKB adalah parpol pertama yang mendukung Anies.

Pilkada Serentak 2024, DPR Ingatkan Calon Kepala Daerah Jangan Menyerang secara Pribadi

Hal itu diungkap Gus Jazil merespons sikap politik Partai Nasdem yang memutuskan mengusung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta. Kata Gus Jazil, dukungan PKB terhadap Anies tinggal diumumkan saja ke publik.

"Ya tentu PKB senang sekali karena pertama, partai yang mendukung Pak Anies, PKB kan partai pertama yang sudah mengusung Pak Anies. Tinggal umumkan saja," kata Gus Jazil di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Juli 2024.

Dinilai Layak Pimpin Kalteng, Agustiar Dapat Dukungan dari Tokoh Dayak Kapuas

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Milad PKB

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Meski begitu, dia enggan menjelaskan lebih lanjut saat ditanya mengenai surat rekomendasi dari PKB terhadap Anies.

Temui Ketua FBR, Rano Karno Minta Masukan Maju di Pilgub Jakarta

Dia hanya menjelaskan aspirasi masyarakat Jakarta agar Anies kembali maju telah disampaikan DWP PKB ke jajaran DPP PKB.

"(Surat rekomendasi) diketik nanti. Secara resmi, kan waktu masih panjang. Yang jelas masyarakat DKI penting tahu aspirasi untuk dukung Pak Anies sudah disampaikan oleh DPW PKB DKI dari awal bulan apa itu," tutur dia.

Sebelumnya, Nasdem menyatakan siap mengusung Anies sebagai bakal cagub di Pilgub Jakarta dalam kontestan Pilkada 2024. Nama Anies dipilih Nasdem berdasarkan hasil rapat internal yang menyisihkan dua kader Nasdem.

"Sore ini telah membulatkan tekad menyepakati untuk Pilkada DKI. Pak Surya Paloh memimpin rapat langsung menetapkan bapak Anies Baswedan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dari partai Nasdem," ujar Sekjen Nasdem Hermawi Taslim di Nasdem Tower, Senin, 22 Juli 2024.

Hermawi menuturkan penetapan Anies sebagai bakal cagub Jakarta didapat usai pengkerucutan dari tiga nama. Pun, dua kader Nasdem yang masuk bursa bakal cagub adalah Bendahara Umum DPP Nasdem Ahmad Sahroni dan Ketua DPW Nasdem Jakarta Wibi Andrino.

Tiga nama itu diusulkan internal Nasdem sebagai bakal cagub yang bakal diusung Nasdem. Hermawi menyebut keputusan ini lebih cepat dibandingkan batas yang telah ditentukan.

"Pleno 11 mei 2024 yang waktu itu mengkristal tiga nama untuk calon gubernur Anies Baswedan, Ahmad Sahroni dan Wibi Andrino," lanjut Hermawi.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya