Punya Basis Loyalis, Modal Anwar Hafid Menangkan Pilgub Sulteng

Bakal calon gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Bakal calon gubernur (bacagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid tidak pernah kehilangan loyalisnya, bahkan dukungan kuat dari masyarakat. Dukungan ini menunjukkan bahwa semangat dan keyakinan terhadap kepemimpinan Anwar Hafid terus menguat.

Didukung Muhammadiyah, Agus Irawan Optimis Boyolali Bakal Lebih Maju dan Harmonis

Pengamat politik Universitas Tadulako, Husen Zuada mengatakan, sejak periode lalu Anwar Hafid tidak pernah kehilangan dukungan. Bahkan sampai hari ini, militansi para pendukungnya tidak berubah ataupun berpaling sedikitpun. 

“Saya pikir Pak Anwar itu tidak pernah kehilangan kehilangan loyalis ya. Sampai hari ini saya pikir semangat pendukungnya ini gak berubah,” ucap Husen, dikutip Minggu, 21 Juli 2024.

Cari Suara di Pilgub Jakarta, Pramono Komunikasi dengan Pendukung Anies Baswedan

Bakal calon gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid

Photo :
  • Istimewa

Bahkan Husen menuturkan, jika pada periode lalu, Anwar Hafid lolos dalam bursa pencalonan Gubernur berpasangan dengan Sigit Purnomo Said atau Pasha Ungu, maka sangat mungkin Anwar Hafid adalah Gubernur terpilih pada periode lalu. Pernyataan itu, sehubungan dengan basis dukungan masyarakat yang sangat kuat dan mengakar kala itu. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Bilang Ada Cawe-cawe Kekuasaan di Pilkada Jatim

“Kalau lolos Anwar Hafid dengan Pasha Ungu waktu itu, mungkin Gubernurnya beliau,” ucap Husen. 

Kepercayaan yang tidak tergoyahkan dari masyarakat terhadap Anwar Hafid menjadi modal besar yang mendukung ambisinya untuk mencapai posisi tertinggi di pemerintahan daerah. Gayung bersambut, periode ini Ketua Demokrat Sulteng itu telah dinyatakan memenuhi syarat dalam bursa pencalonan Gubernur Sulteng 2024. 

Bersama calon Wakil Gubernur (Cawagub) Reny Lamadjido, Anwar Hafid tercatat memperoleh dukungan tertinggi dalam hal angka elektoral. Berdasar data Populi Center pada periode 27 Juni - 3 Juli 2024, Anwar-Reny berada di posisi teratas dengan 41,4 persen.

Sementara pada posisi kedua diikuti oleh pasangan Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri dengan 39,9 persen. Besarnya angka elektoral ini menjadi bukti kekuatan Anwar Hafid tidak diragukan lagi, berkat program pro rakyat dan hasil yang terbukti nyata, Anwar Hafid berhasil melenting dan memiliki potensi besar menjadi pemimpin Sulteng di masa mendatang. 

Angka elektoral ini juga menunjukkan bahwa Anwar Hafid terus menjadi figur yang relevan dalam arena politik Sulteng, dengan potensi untuk memimpin dengan pendekatan yang inklusif dan progresif. Dan dengan dukungan yang stabil dari loyalisnya dilengkapi strategi kolaboratif yang kuat, masa depan Sulteng akan terwujud segera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya