Hasto PDIP Blak-blakan Sindir Jokowi yang Baru Tambah 3 Wamen Baru di Kabinet

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta –  Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto merespons kebijakan Presiden RI Joko Widodo yang menambah tiga orang Wakil Menteri RI baru. Tiga Wamen baru itu sudah dilantik Jokowi di Istana Negara, dua hari lalu. 

Rano Karno Bicara Soal Program Sumur Resapan hingga Rumah DP Rp 0

Hasto menilai pelantikan tiga Wamen baru merupakan bagian dari proses transisi pemerintahan. Ia menyebut harus ada evaluasi ketika memasuki masa transisi.

"Dan, kemudian jadi landasan bagi pemerintahan baru agar spirit kemajuan terutama keadilan dan percepatan didalami mewujudkan kesejahteraan rakyat dapat dilakukan," kata Hasto di Jakarta Pusat, Sabtu 20 Juli 2024.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Bilang Ada Cawe-cawe Kekuasaan di Pilkada Jatim

Dia bilang dengan terpilihnya tiga Wamen yang baru merupakan hak prerogratif presiden. Ia berharap pelantikan bisa jadi penempatan dari transisi kekuasaan pemerintah.

"Pelantikan wamen merupakan bagian dari kewenangan prerogatif presiden sehingga tentu saja kami berharap agar ini ditempatkan sebagai bagian dari transisi dari kekuasaan itu," jelas Hasto.

Pramono Ungkap Alasan Pilih ‘Cak Lontong’ jadi Ketua Timses di Pilgub Jakarta

Presiden RI Jokowi saat melantik 3 Wakil Menteri Istana Negara, Kamis, (18/7)

Photo :
  • Akun X Jokowi

Hasto berharap tiga Wamen baru bisa jadi sosok  strategis dalam membantu kinerja Presiden Jokowi. Tiga figur itu diharapkan bisa menguasai apa yang telah diembannya saat ini menjadi Wamen.

"Dia merupakan pembantu presiden kedudukannya kuat sehingga posisi menteri itulah yang seharusnya benar -benar dipilih dari kalangan profesional dan dengan melihat tantangan pemerintahan ke depan," lanjut Hasto. 

Dia menyindir tantangan pemerintah ke depan tidak ringan sehingga diperlukan kompetensi dalam mengatasi persoalan.

"Yang tidak ringan maka profesionalitas, kompetensi dari kementerian itulah yang diharapkan oleh PDI Perjuangan daripada sekedar bagi bagi jabatan kekuasaan politik," kata Hasto.

Menurut dia, struktur kementerian saat ini juga masih relevan untuk menjawab berbagai tantangan ke depan.

"Tetapi, dengan melihat beban anggaran ya sangat berat akibat ketergantungan terhadap utang luar negeri kita," lanjutnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi sudah melantik tiga Wamen baru yang dua di antaranya merupakan kader Partai Gerindra. Tiga Wamen tersebut yakni Wakil Menteri Pertanian Sudaryono, Wakil Menteri Keuangan yakni Thomas Djiwandono dan Wakil Menteri Investasi RI yakni Yuuliot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya