Pernah Duduk di Eksekutif hingga Legislatif, Kemampuan Anwar Hafid Dinilai Tak Perlu Diragukan

Bakal calon gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Dukungan terhadap Calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid semakin mengalir deras. Sosok Anwar Hafid, yang dinilai telah menunjukkan kapabilitas dan komitmen yang tak terbantahkan dalam melayani masyarakat.

Didukung Muhammadiyah, Agus Irawan Optimis Boyolali Bakal Lebih Maju dan Harmonis

Pengamat Politik Universitas Tadulako, Husen Zuada mengatakan, Anwar Hafid adalah kandidat yang teruji dalam hal kemampuan dan luasnya jaringan yang dimilikinya. Sebagai seorang yang pernah duduk di kursi eksekutif hingga legislatif, peran Anwar Hafid dalam membangun daerah tidak perlu diragukan lagi. 

"Nah Pak Anwar Hafid dengan kemampuan dia selama ini, jaringan dia selama ini saya pikir tidak diragukan," ucap Husen dalam keterangannya, Sabtu, 20 Juli 2024.

Cari Suara di Pilgub Jakarta, Pramono Komunikasi dengan Pendukung Anies Baswedan

Bakal calon gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid

Photo :
  • Istimewa

Aliran deras dukungan kepada pasangan Anwar Hafid dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Reny Lamadjido misalnya terlihat dari data survei yang dihimpun oleh Populi Center pada periode 27 Juni - 3 Juli 2024. Di dalam data tersebut, pasangan Anwar-Reny menempati posisi tertinggi dengan raihan elektabilitas 41,4 persen. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Bilang Ada Cawe-cawe Kekuasaan di Pilkada Jatim

Berkaca pada pernyataan Husen, kemampuan Anwar Hafid sudah terbukti membawa sejahtera bagi masyarakat Sulteng. Dalam jabatannya sebagai Bupati Morowali selama satu dekade, Anwar Hafid telah berhasil menaikkan laju pertumbuhan ekonomi (LPE)Morowali ke arah yang sangat positif. 

Data Pemkab Morowali mencatat, laju ekonomi meningkat dari 11,09 persen pada 2008, menjadi 13,8 persen pada 2018. Peningkatan tersebut terjadi salahi satunya karena keran investasi yang dibuka oleh Anwar Hafid di Morowali, jumlah angka tersebut sangat fantastis yakni Rp51,9 triliun. 

Kencangnya laju pertumbuhan ekonomi sebanding dengan penurunan angka kemiskinan di sana, BPS Sulteng mencatat, angka kemiskinan Morowali berhasil turun menjadi 14,34 persen pada tahun 2018, setelah sebelumnya pada 2007 mencapai 28,27 persen. Oleh karena kerja kerasnya membangun Morowali, Husen mengatakan, Anwar Hafid memiliki citra yang positif di mata masyarakat. 

"Menurut saya Pak Anwar itu orang yang punya citra yang cukup positif di masyarakat," kata Husen.

Sementara dalam hal jaringannya yang luas, tercermin ketika Anwar Hafid duduk di kursi parlemen pusat. Sebagai Anggota Komisi V DPR RI, Ketua Demokrat Sulteng ini banyak berdialog dengan Kementerian PUPR. Ia sering menyuarakan aspirasi warga Sulteng pada Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengenai peningkatan jalan daerah. 

Hasilnya, pada 2024, Menteri Basuki menindaklanjuti aspirasi Anwar Hafid tersebut. Di Sulteng, PUPR mengerjakan peningkatan 15 ruas Inpres Jalan Daerah (IJD) sepanjang 147 kilometer di Sulteng, guna mempermudah arus logistik dan jalur ekonomi rakyat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya