PKS Harap Anies Bisa Yakinkan Partai Lain Dukung Maju Pilgub Jakarta

Anies Baswedan di acara pernikahan putri Habib Rizieq
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Presiden PKS, Ahmad Syaikhu melakukan pertemuan dengan Anies Baswedan pada Kamis kemarin. Selain menjenguk, kehadiran Syaikhu di kediaman Anies di Lebak Bulus, Jakarta, tersebut dinilai untuk menyampaikan kesepakatan tindak lanjut ke depannya dari pasangan Anies-Sohibul Iman.

Cari Suara di Pilgub Jakarta, Pramono Komunikasi dengan Pendukung Anies Baswedan

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) tak menampik jika ada harapan kepada Anies untuk mengajak partai lain bergabung dengan PKS di Pilgub Jakarta. 

Dengan begitu, paslon Anies-Sohibup Iman bisa dihadirkan di Jakarta untuk membawa kesejahteraan.

Konsolidasi Pilkada Jabar 2024, Syaikhu Ingatkan 3 Pilar ke Kader PKS untuk Amankan Kemenangan

"Kan sudah ada beberapa partai yang menyampaikan setuju Pak Anies sebagai calon gubernur, PKB menyatakan demikian, NasDem demikian, bahkan PDIP menyatakan demikian. Tentu kan setelah beliau menimbang-nimbang yang terbaik, tentu harapannya adalah beliau bisa meyakinkan partai-partai lain berlayar bersama dengan PKS ini,” kata HNW di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 19 Juli 2024.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu di DPP PKS

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana
Muncul Gerakan Coblos 3 Paslon di Pilgub Jakarta, Pramono Bilang Begini

Sehingga dengan demikian, maka cita-cita untuk adanya perubahan atau bisa menghadirkan Jakarta yang memang bukan lagi ibu kota, dalam konteks UU IKN, tapi jadi kota khusus, daerah khusus, dengan menjadi pusat ekonomi, kota global," tambahnya.

Selain itu, pertemuan antara Syaikhu dengan Anies sebagai bentuk penegasan dukungan PKS untuk Anies di Pilgub DKI Jakarta. Bukan hanya itu Syaikhu pun menegaskan partainya mengusung Sohibul Iman.

"Setahu saya ini menegaskan kembali tentang sikap PKS untuk mendukung Pak Anies sebagai Cagub dan PKS juga mengajukan Pak Sohibul Iman sebagai Cawagubnya. Dan keputusan itu disampaikan kembali pada Pak Anies sambil juga menyampaikan progres di internal PKS," ujarnya.

HNW lebih jauh mengatakan, kader PKS sudah diinstrusikkan partai untuk mensosialisasikan pasangan Anies-Sohibul di Jakarta. Menurutnya hal itu yang juga disampaikan Syaikhu kepada Anies baru-baru ini.

"Di mana sudah dilakukan konsolidasi untuk kemudian diinstrusikkan pada seluruh kader dan struktur untuk mulai sosialisasi maksimal terhadap pasangan AMAN ini dengan membuat baliho, banner dan sebagainya. Dan bahkan besok hari Minggu pun akan juga kembali dikumpulkan anggota DPR, DPRD dari PKS se-Jakarta untuk kemudian memanaskan mesin untuk pemenangan. Itu disampaikan kepada Pak Anies," ujarnya.

HNW berharap Anies bisa mengajak partai lain untuk mendukung pasangan AMAN. Ia mengatakan duet pasangan tersebut belum terealisasi jika tak ada tambahan koalisi dari partai yang lain.

"Karenanya diharapakan agar Pak Anies juga kemarin dikunjungi karena memang kita dengar beliau agak kurang sehat dan setelah kunjungan itu juga beliau menulis sendiri kan di Instagram-nya bahwa beliau juga nyaman dengan kunjungan itu. Dan itu artinya bahwa kesepakatan yang telah disampaikan oleh Pak Syaikhu kepada Pak Anies akan kemudian juga beliau tindaklanjuti,” ungkapnya.

HNW kampanye di pasar

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

“Apapun faktanya adalah PKS masih secara formal masih sendiri gitu ya. Dan, karenanya kursi kita kan untuk mengajukan masih kurang 4 gitu, tentu harapannya adalah PKS sudah bekerja demikian banyak gitu ya, dan tentu harapannya Pak Anies juga bisa melakukan aktivitasnya untuk bisa memenuhi persyaratan ini sehingga bisa berlayar bersama dengan PKS," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya