Lebih Bergengsi, Kaesang Baiknya Maju jadi Cagub Jakarta Ketimbang Jateng

Ketum PSI Kaesang Pangarep dan para elite PSI di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Manuver Partai Golkar yang mengusung duet Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dengan Jusuf Hamka di Pilgub Jakarta 2024 jadi sorotan. Langkah Golkar dinilai tak bisa dilepaskan satu frekuensi antara Ketum Golkar Airlangga Hartarto dengan Presiden RI Jokowi.

Jokowi Tunjuk Muhadjir Jadi Plt Mensos Setelah Risma Mundur

Pakar politik Adi Prayitno menganalisa dengan diusungnya duet Kaesang-Jusuf beri sinyal ada kedekatan antara Airlangga dengan Jokowi dalam mengusung kandidat di Pilgub Jakarta. Adi mengaitkan kedekatan itu karena keberadaan Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilpres 2024 yang didukung Jokowi.

"Sejauh ini, ini memang (menujukkan Airlangga-Jokowi) mereka kompak. Kan KIM plus. Itu artinya KIM plus Jokowi," kata Adi saat dihubungi di Jakarta, Jumat, 19 Juli 2024.

Jokowi Bilang Kematian Akibat Stroke dan Jantung di Jatim Tertinggi Ketiga se-Indonesia

Jusuf Hamka (kiri) bersama Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Kaesang Pangarep.

Photo :
  • Istimewa

Selain itu, Adi juga menyoroti isu Kaesang yang digadang bakal maju jadi bakal cagub di Jawa Tengah dan Jakarta. 

Jokowi Lempar Sinyal Bakal Kembali Reshuffle Kabinet

Adi menilai Kaesang lebih cocok maju di Pilgub Jakarta ketimbang Jateng. Salah satunya karena Jakarta dianggap lebih cocok dipimpin oleh figur anak muda. Selain itu, dari gengsi politik, Jakarta lebih kuat dibanding Jateng.

Apalagi, kata dia, Presiden Jokowi yang punya pengalaman jadi Gubernur Jakarta juga bisa bagikan pengalamannya kepada Kaesang.

"Kalau saya bisa mengusulkan, Kaesang lebih baik maju calon gubernur di Jakarta karena jauh lebih bergengsi dan lebih praktis. Apalagi Pak Jokowi pernah jadi Gubernur. Jadi, bisa berbagi pengalaman bagaimana cara membangun Jakarta," ujarnya. 

Pun, menurut dia, jika Kaesang diduetkan dengan Jusuf Hamka, elektabilitas pengusaha jalan tol itu dinilai bisa meningkatkan peluang kemenangannya.

Dia bilang dalam politik segala kemungkinan bisa terjadi. Adi yakin duet Kaesang-Jusuf bisa mengimbangi dan beri perlawanan terhadap kandidat lain seperti Anies Baswedan jika maju di Pilgub Jakarta. 

"Itu teknis (elektabilitas Jusuf Hamka). Yang jelas, nama kaesang disebut potensial calon gubernur Jakarta oleh Golkar, Kaesang bisa memberikan perlawanan kepada Anies," tuturnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya