Kata Jokowi Pelantikan 3 Wakil Menteri Bukan Bagi-bagi Jabatan, tapi Untuk Keberlanjutan

Presiden RI Jokowi saat melantik 3 Wakil Menteri Istana Negara, Kamis, (18/7)
Sumber :
  • Akun X Jokowi

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan alasan melantik tiga orang Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan 2019-2024 di Istana negara, Jakarta pada Kamis, 18 Juli 2024. Sebab, dilantiknya tiga orang Wakil Menteri itu mendapatkan kritik dari sebagian publik.

Jokowi Tunjuk Muhadjir Jadi Plt Mensos Setelah Risma Mundur

Adapun, tiga orang yang dilantik menjadi Wakil Menteri yaitu Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian, Wakil Menteri Keuangan II Thomas Djiwandono, dan Wakil menteri Investasi Yuliot.

“Itu untuk melancarkan, memuluskan keberlanjutan ya,” kata Jokowi pada Jumat, 19 Juli 2024.

Jokowi Bilang Kematian Akibat Stroke dan Jantung di Jatim Tertinggi Ketiga se-Indonesia

Presiden RI Jokowi saat melantik 3 Wakil Menteri Istana Negara, Kamis, (18/7)

Photo :
  • Akun X Jokowi

Dengan begitu, Jokowi menepis kalau dilantiknya dua orang kader Partai Gerindra yakni Sudaryono dan Thomas sebagai Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju itu bentuk bagi-bagi jabatan mengingat hanya tersisa masanya hingga Oktober 2024. Akan tetapi, kata dia, dilantiknya tiga orang Wakil Menteri untuk transisi Pemerintahan Presiden terpilih Prabowo periode 2024-2029 mendatang.

Jokowi Lempar Sinyal Bakal Kembali Reshuffle Kabinet

“Enggak (bagi-bagi jabatan). Ini sudah saya bicarakan langsung dengan kepentingan pemerintahan berikut. Saya sudah bicara dengan Presiden terpilih, Bapak Prabowo Subianto,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga orang Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Kamis, 18 Juli 2024. Mereka adalah Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian, Wakil Menteri Keuangan II Thomas Djiwandono, dan Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi.

Pengangkatan tiga Wakil Menteri ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 45M Tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Sementara, tiga orang Wakil Menteri yang dilantik itu Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian, Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan dan Yuliot selaku Wakil Menteri Investasi.

Setelah itu, Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan kepada tiga Wakil Menteri yang dilantik tersebut. Sebelum membacakan sumpah jabatan, Presiden Jokowi menanyakan terlebih dahulu kepada mereka yang mau dilantik.

“Sebelum saya mengambil sumpah janji, bersediakah saudara diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?,” kata Jokowi dijawab bersedia oleh tiga Wakil Menteri.

Demi Allah saya bersumpah. Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya, akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggungjawab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya