Elektabilitas Risma Membayangi Khofifah, PDIP Segera Duduk bersama PKB dan NasDem

Politikus PDIP sekaligus Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Said Abdullah
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta - Ketua PDI Perjuangan Said Abdullah mengatakan bahwa partai berlambang banteng itu akan segera duduk bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai NasDem untuk menentukan lawan bagi Khofifah Indar Parawansa dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024.
 
Dia mengatakan partainya juga membuka kesempatan bagi kedua partai itu untuk menentukan sosok yang menjadi calon orang kesatu di Jawa Timur, walaupun, menurutnya, nama Tri Rismaharini masih memiliki potensi.
 
"Persoalannya, kalau Risma masih di bawah, karena memang Risma ini tidak pernah dideklarasikan. Oleh karenanya, bagi kami kebersamaan jauh di atas segala-galanya," kata Said saat dihubungi di Jakarta, Jumat, 19 Juli 2024.

Cari Suara di Pilgub Jakarta, Pramono Komunikasi dengan Pendukung Anies Baswedan

Menteri Sosial Tri Rismaharini di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Photo :
  • VIVA Jatim/ Madchan Jazuli

 
Walaupun belum terbangun secara resmi, menurutnya, tiga kekuatan partai itu bakal jadi penyeimbang bagi kontestan lain. Khofifah Indar Parawansa kini sudah mengantungi banyak rekomendasi dari partai politik di Jawa Timur.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Bilang Ada Cawe-cawe Kekuasaan di Pilkada Jatim

 
"Karena bersama itu jauh lebih dahsyat daripada mengutamakan ego yang tidak pada tempatnya," ujarnya.
 
Dia pun memastikan poros baru yang sedang disiapkan itu nantinya akan bekerja bersama untuk mempersembahkan calon yang terbaik bagi masyarakat Jawa Timur.
 
Litbang Kompas telah merilis survei elektabilitas terbaru terkait calon gubernur rujukan masyarakat Jawa Timur dan menghasilkan Khofifah Indar Parawansa duduk pada peringkat teratas dengan perolehan 26,8 persen. Sedangkan Tri Rismaharini menempati posisi kedua dengan perolehan 13,6 persen.

Bakal Calon Wakil Gubernur Aceh Tu Sop Meninggal Dunia

Warga menentukan pilihannya dalam Pilkada. (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

 
Sejauh ini, Khofifah yang telah mendeklarasikan akan maju di Pilkada Jawa Timur sudah didukung oleh Partai Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PPP dan PSI. Dan yang terbaru, PKS, mendeklarasikan dukungan kepada Khofifah pada Kamis. (ant)

Adik kandung eks ajudan Jokowi, Agus Irawan dan calon wakil bupati Dwi Fajar Nirwana resmi mendaftar di KPU Boyolali

Didukung Muhammadiyah, Agus Irawan Optimis Boyolali Bakal Lebih Maju dan Harmonis

Pasangan bakal calon Bupati dan calon Wakil Bupati Boyolali, Agus Irawan-Dwi Fajar Nirwana melakukan silaturahmi dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Boyolali, Jawa.

img_title
VIVA.co.id
8 September 2024