Elektabilitas Rendah di Pilgub Jakarta, Kaesang: Jadi Bahan Evaluasi Tim Kami

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep di Kantor DPP PSI, Jakarta Selatan, Senin, 8 Juli 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta - Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep menanggapi soal tingkat elektabilitasnya yang menunjukkan angkat tertinggi di Pemilihan Gubernur (PilgubJawa Tengah (Jateng), tetapi anjlok di Jakarta. 

Bocoran RK soal Timsesnya: Diisi Ahli, Profesor, Anak Muda yang Enggak Berpartai

Menurut Kaesang, hasil survei tersebut akan menjadi bahan evaluasi timnya sebelum memutuskan, apakah maju di Pilgub Jakarta atau maju di Pilgub Jateng.

"Jadi itu akan menjadi bahan evaluasi buat tim kami, karena kan di Jateng kami tinggi, tapi di sini (Jakarta) kami agak sedikit lebih rendah, bukan sedikit tapi sangat rendah, jadi ini nanti ini kami akan melakukan evaluasi, antara tim Jakarta dan Jateng," kata Kaesang di Basecamp PSI, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Juli 2024.

Survei: Pemilih Segmen Lintas Agama Solid Pilih Amsakar-Li Claudia di Pilwalkot Batam 2024

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Kaesang enggan menjawab pertanyaan awak media seputar kepastian maju di Pilgub Jakarta atau Jateng. Ia meminta bersabar dan akan memutuskan sebelum tahapan pendaftaran bakal calon kepala daerah pada 27 Agustus 2024 mendatang. "Condongnya kemana? Sabar, 27 Agustus ya," kata Kaesang.

RK Ingin Bertemu Anies: Tak Melulu untuk Minta Dukungan

Kaesang juga mengapresiasi hasil survei Litbang Kompas terkait elektabilitas para calon kepala daerah, termasuk di Pilgub Jakarta dan Pilgub Jateng. Menurut dia, Litbang Kompas merupakan salah satu lembaga survei kredibel.

"Sekali lagi kita harus tahu Litbang Kompas ini kan salah satunya survei yang saya kira paling kredibel di Indonesia saat ini, dan kami berterima kasih karena saya bisa melihat oh ternyata angka saya ada di situ," ujarnya

Diketahui, hasil survei Litbang Kompas terbuka menunjukkan Anies Baswedan menempati posisi teratas elektabilitas para kandidat di Pilgub Jakarta dengan angka 29,8 persen.

Kemudian disusul Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok 20,0 persen, Ridwan Kamil 8,5 persen, Erick Thohir 2,3 persen, Sri Mulyani 1,3 persen, Andika Perkasa 1,0 persen, Kaesang Pangarep 1,0 persen, Heru Budi Hartono 1,0 persen dan Tri Rismaharini 1,0 persen.

Survei ini dilakukan pada 15-20 Juni 2024 dengan melibatkan 400 orang responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencupilkan sistematis bertingkat di Jakarta. Margin of error survei Litbang Kompas ini plus minus 4,9?lam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Tingkat kepercayaan survei elektabilitas bakal calon gubernur Jakarta ini sebesar 95%.

Hal survei di Pilgub Jakarta berbeda sekali dengan hasil survei di Pilgub Jateng oleh Litbang Kompas. Kaesang justru meraih elektabilitas tertinggi dengan perolehan 7 persen di Pilgub Jateng. Sementara di urutan kedua ditempati Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi dengan perolehan suara 6,8 persen. 

Survei Litbang Kompas ini dilakukan pada 20-25 Juni 2024. Responden yang dilibatkan dalam survei sebanyak 500 orang. Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 35 Kota/Kabupaten Jawa Tengah. Margin of error survei Litbang Kompas kurang lebih 4,4 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Lalu, tingkat kepercayaan dalam survei 95 persen.

Setelah Kaesang dan Ahmad Luthfi, disusul Taj Yasin Maimoen dengan perolehan suara 3,2 persen, lalu Raffi Ahmad 2,8 persen, Dico Ganinduto 2,6 persen, Bibit Waluyo 2,4 persen, Hendrar Prihadi 2 persen, Muhammad Yusuf Chudlori 1,2 persen, Bambang Wuryanto 1,2 persen dan Sudirman Said 0,8 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya