Alasan PSI Dukung Andra-Dimyati di Pilgub Banten Meski Elektabilitasnya Rendah

PSI Dukung Andra Soni dan Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten dan Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto di Pilwalkot Tangsel
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengungkap alasan partainya tetap mendukung pasangan Andra Soni dan Dimyati Natakusumah maju dalam kontestasi Pilgub Banten 2024, meskipun elektabilitas keduanya masih rendah.

Didukung Muhammadiyah, Agus Irawan Optimis Boyolali Bakal Lebih Maju dan Harmonis

Menurut Kaesang, hasil survei bukanlah satu-satunya yang memberi pengaruh terhadap Pilkada. PSI melihat Andra dan Dimyati memiliki komitmen untuk membangun suatu daerah.

"Kenapa dari DPP PSI memilih Pak Andra Soni sebagai cagub walaupun di survei masih rendah? Ini kan bukan masalah survei tinggi atau survei rendah tapi komitmen beliau buat Banten membuat saya ingin mendukung beliau untuk menjadi Gurbernur Banten selanjutnya," kata Kaesang di DPP PSI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Juli 2024.

Cari Suara di Pilgub Jakarta, Pramono Komunikasi dengan Pendukung Anies Baswedan

Andra Soni menggantikan almarhum Desmond J Mahesa sebagai Ketua Gerindra Banten

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Di sisi lain, putra bungsu Presiden Jokowi itu sudah mendengarkan secara langsung langkah-langkah yang akan diambil oleh Andra-Dimyati untuk meningkatkan elektabilitas di Pilgub Banten. Menurut Kaesang, hasil survei Litbang Kompas terbaru menjadi bahan evaluasi pihaknya untuk terus mendongkrak elektabilitas Andra-Dimyati.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Bilang Ada Cawe-cawe Kekuasaan di Pilkada Jatim

"Mengenai elektabilitas saya tadi di atas juga berbicara dengan Pak Andra Soni. Beliau sudah memaparkan beberapa rencana beliau bagaimana caranya supaya elektabilitas beliau ini bisa jauh lebih tinggi. Tapi ya balik lagi mengenai Litbang itu kan bahan buat evaluasi juga bagaimana ke depannya nanti bisa jadi lebih baik," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Andra Soni menilai hasil survei dari berbagai lembaga termasuk Litbang Kompas akan dijadikan alat ukur dan evaluasi ke depannya. Menurut dia, hasil survei akan menjadi penyemangat bagi mereka bekerja lebih keras lagi.

"Survei merupakan alat ukur apa yang sudah dikerjakan, dan survei merupakan alat ukur untuk memotret apa yang telah terjadi dan insyaallah survei akan kita jadikan sebagai bahan untuk bagaimana kita bisa terpotret, kegiatan kita, gagasan kita oleh masyarakat," tuturnya.

Andra optimis dapat memenangkan kontestasi Pilgub Banten dengan dukungan struktur partai hingga relawan dan simpatisan.

"Insyaallah dengan dukungan partai-partai yang telah kami terima dengan struktur yang ada dan kemudian simpatisan yang ada insyaallah kami punya keyakinan kontestasi ini akan kita menangkan," pungkasnya.

Sebagai informasi, Hasil survei Litbang Kompas terbaru menunjukkan elektabilitas Airin Rachmi Diany menduduki posisi teratas di antara para kandidat cagub Banten sebesar 38,3%.

Survei Litbang Kompas digelar pada 15-20 Juni 2024 dengan melibatkan 400 responden. Para responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di Provinsi Banten. Survei dilakukan dengan wawancara, margin of error survei +/- 4,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Di posisi kedua ditempati oleh Wahidin Halim 18,1%, lalu disusul Rano Karno 16,5%, Arif Wismansyah 6,9%, Irna Narulita 3,7%, Iti Octavia Jayabaya 3,7%, Achmad Dimyati N 2,7%, Ahmed Zaki Iskandar 2,7?n responden yang tidak menjawab atau tidak tahu sebesar 7,4%. Hanya saja, Litbang Kompas tidak memasukkan nama Andra Soni ke dalam survei.

Hingga saat ini, Andra Soni dan Achmad Dimyati Natakusumah telah mendapatkan dukungan dari sejumlah partai, yakni Gerindra, PKS, PPP, Nasdem, PAN, PKB, dan PSI. Sementara itu, bakal pasangan calon lainnya yakni Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi yang disebut akan didukung oleh Partai Golkar dan PDIP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya