Pengamat: Kaesang Lebih Cocok di Jakarta, Pasangannya Jusuf Hamka Paket yang Pas

Jusuf Hamka (tengah) bersama Ketum Golkar Airlangga Hartarto-Ketum PSI Kaesang P
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas (PSI) Kaesang Pangarep digadang maju jadi kandidat antara Pilgub Jakarta atau Pilgub Jateng. Namun, dari survei Litbang Kompas terbaru, Kaesang sepertinya dapat perhatian jika maju di Jakarta

Pramono Direstui Rois Syuriah NU Maju Pilgub Jakarta

Merujuk hasil survei Litbang Kompas, 41,8 persen warga Jakarta mempertimbangkan Kaesang jadi bakal cagub Jakarta. 

Pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas) R Wijaya Dg Mapasomba menganalisa hasil survei itu menunjukkan Kaesang punya nilai jual untuk jadi bakal cagub Jakarta di Pilkada 2024. 

Temui Ketua FBR, Rano Karno Minta Masukan Maju di Pilgub Jakarta

"Artinya ini banyak masyarakat Jakarta berharap Mas Kaesang menjadi Gubernur Jakarta karena mungkin dianggap bisa mengatasi masalah Jakarta, meski belum secara resmi diusung menjadi cagub," kata Wijaya saat dihubungi, pada Rabu, 17 Juli 2024.

Bagi dia, Kaesang Pangarep juga lebih cocok untuk jadi cagub Jakarta dibandingkan cawagub Jateng. 

Sandiaga Akui Pernah Diskusi Bareng Anies Bahas Bikin Parpol Baru

Jusuf Hamka (kiri) bersama Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Kaesang Pangarep.

Photo :
  • Istimewa

Dia mengatakan demikian karena Jakarta butuh sosok anak muda untuk memimpin. Terlebih, Kaesang bisa belajar ke ayahnya yang juga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam mengatasi persoalan Jakarta. Sebab, Jokowi pernah menjabat Gubernur Jakarta.

"Jakarta ini kan kota metropolitan, kota yang serba cepat. Jadi, memang harus dipimpin oleh jiwa-jiwa muda," lanjut Wijaya. 

"Apalagi warga Jakarta kebanyakan didominasi oleh anak muda. Kalau ditanya lebih pas di Jawa Tengah atau Jakarta, menurut saya lebih cocok di Jakarta," ujarnya. 

Wijaya pun menyoroti wacana Kaesang bakal diduetkan dengan pengusaha jalan tol Jusuf Hamka sebagai bakal cawagubnya di Pilgub Jakarta. Dia menyebut kombinasi sosok Kaesang dan Jusuf Hamka merupakan pasangan yang ideal.

"Ini paket pasangan figur yang pas, karena Jusuf Hamka merupakan pengusaha yang sukses sudah dikenal banyak orang. Di sisi lain Kaesang anak Presiden dalam konteks politik ini sangat bisa," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya