Ada Waktu Sebulan, Golkar Pede Elektabilitas Ridwan Kamil di Jakarta Terus Naik

Ridwan Kamil bersama Ketum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • istimewa

Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, meyakini elektabilitas Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil (RK) bakal terus naik. Terlebih saat ini masih ada waktu satu bulan menjelang pendaftaran calon Kepala Daerah yang akan dibuka pada akhir Agustus 2024.

Dulu Dipecat Karena Kritik Ridwan Kamil, Sabil Mantan Guru Honorer Kini Jualan Risol

Saat ini elektabilitas Ridwan Kamil memang masih menjadi yang tertinggi di Jawa Barat. Namun di DKI Jakarta, nama Ridwan Kamil masih berada di urutan ketiga di bawah Anies Baswedan dan juga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

”Masih ada waktu satu bulan untuk bekerja keras. Ya tentu dua-dua nya (elektabilitas di Jawa Barat dan Jakarta) harus kita dongkrak dulu,” kata Airlangga, dalam pernyataannya yang dikutip Rabu, 17 Juli 2024.

Pernyataan Gamblang KPU soal Peluang Anies 'Berlayar' di Pilkada Jakarta Sudah Tertutup

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Photo :
  • VIVA/Galih Purnama.

Airlangga menyatakan bahwa partainya sudah memberi tugas kepada RK untuk bersiap bertarung dalam pilkada di Jakarta atau di Jawa Barat. Surat tugas itu juga sudah lama diberikan kepada pria yang akrab dipanggil Kang Emil tersebut.

Kapolri Tunjuk Brigjadir Jenderal Patrige Renwarin jadi Kapolda Papua

"Kan (Partai Golkar) sudah memberikan pesan kepada RK untuk di Jakarta atau di Jabar," kata Airlangga.

Airlangga menyatakan bahwa di Jawa Barat, elektabilitas RK sangat tinggi yakni mencapai 52 persen. Beberapa lembaga survei seperti Indikator Politik Indonesia dan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) sudah merilis hasil survei terbaru untuk pilkada Jawa Barat hang didominasi oleh Kang Emil.

Dipasangkan dengan siapa pun, hasil survei menunjukkan bahwa Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 itu lebih unggul dari figur lainnya.

Baliho Ridwan Kamil Otw Jakarta

Photo :
  • Ist

Sementara di jakarta, Litbang Kompas mencatat elektabilitas RK berada dalam tiga besar. Dengan elektabilitas 8,5 persen, suami Atalia Praratya itu bersaing dengan Anies dan Ahok.

”Tentu di Jabar suaranya sudah lebih dari 52 persen. Tetapi, kami minta yang delapan persen itu dinaikan. Karena partai akan memutuskan apabila (hasil survei) sudah perlevel dengan calon-calon yang lain,” ujar Airlangga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya