Jadi Bakal Cagub Banten 2024, Airin Gaungkan Misi dan Sederet Program Prioritas

Bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Figur mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany digadang kuat maju sebagai bakal cagub Banten di Pilkada 2024. Politikus Partai Golkar itu sudah menyiapkan sederet program prioritas untuk bersaing jadi Banten-1

Debat Calon di Pilkada Bintan Kepri Ditiadakan, Ini Penggantinya

Airin menyampaikan 12 program prioritas untuk membangun Banten lima tahun ke depan saat diskusi uji gagasan dan visi calon pemimpin di Aula Universitas Matla'ul Anwar, Pandeglang, Rabu, 17 Juli 2024.

"Bismillah, visi yang kami buat adalah Banten Maju Bersama. Mewujudkan Provinsi Banten yang beriman, sejahtera, unggul, berkelanjutan, sehat, dan maju," kata Airin.

Suswono ke PKS Jakarta Minta Hidupkan Mesin Partai Menangkan Pilgub Jakarta

Dia menjabarkan visi tersebut dalam 4 misi dan 12 program prioritas. Kata Airin, misi pertama, bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan reformasi tata kelola pemerintahan yang terbina. "Terintegrasi, bersih, inovatif, dan adaftif," jelas Airin.

Airin menuturkan dalam misi ini ada 2 program prioritas yaitu menciptakan birokrasi yang profesional, efektif, efisien, dan akuntabel. Kemudian, menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang bersih dan inovatif. 

KPU Nyatakan Tiga Paslon di Pilgub Jakarta Sudah Penuhi Syarat, Suswono Ungkap Hal Ini

"Misi kedua adalah mewujudkan pembangunan masyarakat yang madani. Beriman, sehat, berbudaya, dan terdepan dalam iptek," ujar Ketua DPP Golkar itu.

Bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany

Photo :
  • Istimewa

Kemudian, dalam misi tersebut ada 4 program prioritas. Empat program itu program bahagia (banten sehat raga, kuat jiwa), dan pendidikan inklusif berkualitas. Selanjutnya, pengembangan kearifan budaya, prestasi masyarakat, dan kehidupan sosial. 

"Misi ini juga menghadirkan program pengurangan kemiskinan dan membahagiakan ibu dan anak," ujar Airin.

Pun, misi ketiga yang dicanangkan Airin adalah memperkuat konektivitas simpul antar wilayah dan pemerataan pembangunan yang sinergis yakni sinkron, berkelanjutan, dan strategis. Ia bilang ada 2 program dalam misi ini seperti konektivitas Banten terpadu serta Pijar Banten mulai pemerataan infrastruktur dan wajah baru Banten. 

"Dalam program ini, kami setuju pemekaran daerah di beberapa daerah, dan mendorong pembangunan poros desa," lanjut Airin.

Selanjutnya, ada misi keempat dengan mewujudkan pemerataan dan transformasi ekonomi yang berwawasan lingkungan serta inklusif yaitu indah, berkualitas, dan partisipatif. Kata dia, terdapat 4 program prioritas dalam misi ini yakni pangan inklusif dan berkelanjutan, pengembangan ekonomi biru, transformasi ekonomi hijau, serta industrialisasi serta hilirisasi. 

"Banten ke depan, butuh kebersamaan, butuh sinergi dan kebersamaan. Oleh karena itu, visi kita dan kita bisa lakukan, Banten maju bersama," tutur Airin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya