Khofifah Mengaku Dapat Tambahan Partai Pengusung tapi Masih Rahasiakan Namanya

Khofifah Indar Parawansa (kedua kiri) usai menjalani pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di Surabaya, Rabu, 17 Juli 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Willi Irawan

Surabaya - Bakal calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku mendapatkan tambahan partai pengusung untuk bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
"Insyaallah besok (saya ambil rekomnya)," kata Khofifah usai menjalani pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih di Surabaya, Rabu, 17 Juli 2024.
 
Meski begitu, Khofifah enggan membeberkan parpol kedelapan yang akan memberikan rekomendasi kepadanya. Sinyal kuat rekomendasi itu diberikan oleh PKS, karena partai ini sempat mengaku sedang intens berkomunikasi dengan petahana.

Ketua KPU dan Bawaslu Garut Dilaporkan Dugaan Gratifikasi pada Pemilu 2024

Ilustrasi Pilkada.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

 
Khofifah dan wakilnya Emil Elestianto Dardak sudah mengantongi tujuh rekomendasi parpol untuk maju Pilkada Jatim 2024 yakni, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PKB, PPP dan PSI. Sementara sisanya, PDIP, PKB, PKS dan NasDem belum bersikap.

Sandiaga Akui Pernah Diskusi Bareng Anies Bahas Bikin Parpol Baru

 
Namun khusus PDIP dan PKB terus dikaitkan dengan poros baru. Khofifah pun tidak mempersoalkan hal tersebut. Menurutnya, setiap parpol punya hak untuk mencalonkan siapa pun menjadi bakal calon kepala daerah asalkan kursinya mencukupi di parlemen.
 
"Sampeyan (perseorang) lho juga punya hak kok. Semuanya hak untuk saling berikhtiar. Ini proses demokrasi, semuanya harus memberikan ruang yang sama kepada masing-masing semua pihak. Kalau ini kontestasi, harus membangun sinergi dengan yang berproses," katanya.
 
Ketika ditanya mengenai komunikasi Khofifah dengan PDIP terputus, ia enggan menjawabnya. Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah sempat melakukan pertemuan tertutup dengan Khofifah beberapa waktu lalu. Said mengakui bahwa pertemuan itu membahas seputar Pilkada Jatim 2024. (ant)

Pramono Ungkap Alasan Pilih ‘Cak Lontong’ jadi Ketua Timses di Pilgub Jakarta
Bakal cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa hadiri acara pengajian di Blitar

Gus Iqdam Doakan Khofifah Kembali Pimpin Jatim: Pantas dan Terbukti

Bakal calon Glgubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa terus mendapatkan dukungan kuat untuk menang di Pilgub Jatim 2024.

img_title
VIVA.co.id
6 September 2024