Hari Ini Pansus Angket Pengawasan Haji Akan Gelar Rapat untuk Penetapan Pimpinan

Kompleks Gedung MPR DPR dan DPD
Sumber :
  • vivanews/Andry

Jakarta - Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Pengawasan Haji DPR bakal menggelar rapat perdana, Rabu, 17 Juli 2024. Rapat itu akan menetapkan pimpinan dalam pansus tersebut. 

Puan Respons Jokowi soal RUU Perampasan Aset: Apakah Dipercepat Jadi Lebih Baik?

"Agendanya rapat penetapan pimpinan pansus jam 1," kata anggota Komisi VIII DPR Wisnu Wijaya kepada wartawan. 

Wisnu menjelaskan, pihaknya juga sudah mengantongi restu dari pimpinan DPR untuk menggelar rapat dalam masa reses. Diketahui, saat ini DPR sedang memasuki masa reses hingga 15 Agustus 2024.

Ketua Komisi II DPR: MK Terlalu Banyak Urusan yang Sebetulnya Bukan Urusannya

"Sudah dari Ibu Puan (Ketua DPR Puan Maharani) sudah tanda tangan sudah terbit juga berita acara terkait pembentukan Pansus Angket Haji," kata Wisnu.

Gedung DPR/MPR.

Photo :
  • vivanews/Andry Daud
Puan soal Isu PDIP Usung Anies di Pilgub Jabar: Kita Lihat Nanti Sore

Ketua DPR RI Puan Maharani menjelaskan alasan legislatif membentuk panitia khusus (Pansus) hak angket pengawasan haji. Salah satu tujuannya yakni untuk mengevaluasi kegiatan haji yang tak sesuai dengan undang-undang. 

"Pembentukan Pansus Hak Angket Pengawasan Haji adalah untuk melakukan evaluasi atas kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan penyelenggaraan haji dan berdampak luas terhadap kehidupan masyarakat yang diduga tidak sesuai dengan amanat ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Puan beberapa waktu lalu. 

Puan juga memastikan, pansus itu terbentuk setelah ada rekomendasi dari tim pengawas haji yang melakukan pemantauan langsung di Tanah Suci.

Ilustrasi Rapat Paripurna di DPR.

DPR Sebut MK Telah Berperan "Seakan-akan Menjadi Pembuat Undang-Undang Ketiga"

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengungkapkan bahwa lembaganya akan mengevaluasi posisi MK dalam jangka menengah dan panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2024