Gibran Baru Mundur dari Jabatan Wali Kota, PKB: Biar Masyarakat Solo yang Nilai

Waketum PKB, Jazilul Fawaid
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid alias Gus Jazil merespons mundurnya Gibran Rakabuming Raka dari jabatan Wali Kota Surakarta. Ia menilai hal tersebut adalah hak dari Gibran jika ingin mundur kapanpun dari jabatan Wali Kota.

Pilkada Serentak 2024, DPR Ingatkan Calon Kepala Daerah Jangan Menyerang secara Pribadi

Pasalnya, momen mundurnya Gibran dari jabatan Wali Kota Surakarta dinilai tidak tepat. Seharusnya Gibran mundur saat kampanye sebagai cawapres, bukan baru sekarang ini.

"Gimana ya, itu hak dia untuk mundur. Kapanpun kan," kata Gus Jazil kepada wartawan di DPP Demokrat, Selasa, 16 Juli 2024. 

Sandiaga soal Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran: Harus Tahu Diri

Di sisi lain, dia bilang momen mundurnya Gibran tersebut biar masyarakat Solo yang menilai. Ia menilai kemungkinan ada sesuatu yang harus dikerjakan terlebih dahulu oleh Gibran.

"Ya tinggal masyarakat Solo saja menilai. Baiknya kayak apa. Dan, mungkin ada hal yang berat yang mau dilakukan, hak beliau lah," tuturnya.

Cak Imin Unggah Foto Berpelukan dengan Prabowo: Persahabatan Akan Terus Berlanjut

Gibran Rakabuming Raka usai hadiri rapat paripurna di gedung DPRD Solo

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Sebelumnya, Wakil Presiden RI  terpilih, Gibran Rakabuming Raka telah menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo kepada pimpinan DPRD Solo, Selasa, 16 Juli 2024. Usai menyerahkan surat pengunduran dirinya, Gibran tak lagi naik mobil dinasnya saat meninggalkan Kantor DPRD Solo

”Hari ini kami mengantarkan surat pengunduran diri kepada Ketua DPRD Kota Surakarta (Solo). Dan, selanjutnya agar diproses sesuai mekanisme yang ada,” kata Gibran usai menyerahkan surat penyerahan pengunduran diri di Kantor DPRD Solo, Selasa, 16 Juli 2024.

Gibran menjelaskan alasan pengajuan surat pengunduran diri sebagai Wali Kota Solo lantaran untuk persiapan pelantikan sebagai Wakil Presiden RI pada Oktober mendatang. Sebelum pelantikan tersebut, ia mengaku banyak berbagai persiapan yang dilakukan mulai sekarang sehingga dirinya memutuskan untuk mengundurkan diri pada hari ini.

“Ya, selain untuk pelantikan yang masih di tanggal 20 Oktober nanti. Tentunya banyak hal yang harus kami persiapkan dari sekarang. Saya mohon doa dari teman-teman media semua, semoga semuanya dilancarkan,” ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya