Sodorkan Bupati Asahan jadi Pendamping Bobby Nasution, Golkar Jelaskan Alasannya

Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2024, Bobby Nasution - Surya.(dok DPD Golkar Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan – Partai Golkar resmi mengusung dan mendukung Muhammad Bobby Afif Nasution, sebagai bakal calon gubernur atau cagub di Pilkada Sumatera Utara 2024. Untuk mendampingi menantu Presiden Joko Widodo tersebut, Golkar mengajukan nama Bupati Asahan, Surya, sebagai bakal cawagub.

Didukung Muhammadiyah, Agus Irawan Optimis Boyolali Bakal Lebih Maju dan Harmonis

Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara, Musa Rajekshah, menjelaskan alasan penunjukan Surya untuk menjadi pendamping Bobby Nasution di Pilgub Sumatera Utara. Surya sebagai kader tulen dari partai berlambang pohon beringin, dan secara politik sangat matang.

Hal itu, diungkapkan oleh Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah kepada wartawan, usai menghadiri kegiatan DPD Golkar Sumut, berlangsung JW Hotel. Marriott Hotel Medan, Senin siang, 15 Juli 2024.

Cari Suara di Pilgub Jakarta, Pramono Komunikasi dengan Pendukung Anies Baswedan

“Kenapa Pak Surya? Karena kami melihat Pak Surya adalah kader tulen Partai Golkar sudah lama dari tahun 1978," kata politis yang akrab disapa Ijeck itu.

Ijeck yang juga mantan Wakil Gubernur Sumatera Utara itu mengatakan, secara birokrasi Surya sangat berpengalaman di pemerintahan. Baik jadi Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Asahan. Sehingga, Surya akan saling mengisi dengan Bobby Nasution saat memimpin Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Bilang Ada Cawe-cawe Kekuasaan di Pilkada Jatim

“Lalu, beliau (Pak Surya) juga sudah di pemerintahan baik jadi wakil bupati dan bupati. Dengan umurnya seperti sekarang ini sudah sangat matang. Beliau juga bersedia karena tidak maju di Pilkada Asahan,” jelas Ijeck. 

Ijeck mengatakan, penunjukan Surya merupakan hasil kesepakatan Partai Golkar dan Bobby Nasution serta mendapatkan restu dari Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

“Ini kesepakatan dari Bobby mengatakan wakilnya dari Golkar. Apalagi Golkar menjadi partai pemenang di sini. Mengenai Pak Surya itu kesepakatan kami internal dan kami menyodorkan beberapa nama. Pak Bobby setuju dengan Pak Surya,” ucap Ijeck. 

Untuk diketahui, Partai Golkar merupakan partai pemenang Pemilu 2024 di Provinsi Sumut dengan mengantongi 21 kursi. Seharusnya, tanpa koalisi Golkar bisa mengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur secara mandiri. Namun, partai ini mendukung dan mengusung menantu Presiden Jokowi tersebut.

Selain Golkar, Bobby Nasution juga diusung Partai Gerindra, PAN, Demokrat, Nasdem, dan PKB. Sehingga koalisi 'gemuk' siap mengantar kemenangan bagi Bobby dan Surya di Pilgub Sumut 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya